Isma, Nurul Fatin (2020) Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Terpadu pada Kelas IV di MI Silahul Ulum Asempapan, Trangkil, Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (288kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (426kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (406kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (629kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (364kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (392kB) |
Abstract
Tenaga pendidik mempunyai pengaruh penting terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian adalah MI Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran terpadu di MI Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala, serta kualitas pembelajaran yang cukup baik dari tahun ke tahun, adapun tujuan-tujuan yang dilakukan meliputi meningkatkan pemahaman tentang pembelajaran terpadu, mengembangkan keterampilan peserta didik dalam memperoleh dan memproses informasi, kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari peserta didik, keterampilan sosial yang dimiliki peserta didik serta kerja sama dengan orang lain. (2) Faktor pendukung, penghambat supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran terpadu pada kelas IV di MI Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati. Faktor pendukung yang dimiliki lebih besar dibandingkan faktor penghambatnya. Namun, madrasah ini masih perlu melakukan pengembangan, dan pembenahan kualitas pembelajaran maupun tenaga pendidik. (3) Solusi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran terpadu pada kelas IV di MI Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati yang dilakukan kepala madrasah membimbing, mengawasi, dan membekali guru dengan KKG. (4) Kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi di MI Silahul Ulum menggunakan PKG (penilaian kinerja guru) untuk menunjang standar pembelajaran, serta mengadakan pelatihan-pelatihan dan seminar bagi guru. Setelah PKG dilaksanakan dengan baik di MI Silahul Ulum diharapkan kualitas pembelajaran yang dimiliki guru meningkat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Kepala Sekolah, Kualitas Pembelajaran, Pembelajaran Terpadu |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 03:15 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 03:15 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4381 |
Actions (login required)
View Item |