Afifuddin Ma’shum, Nur (2017) IMPLEMENTASI PERMAINAN BAHASA “AKSI KATA” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT SISWA KELAS III MI ANNURIYAH POJOK TAWANGHARJO GROBOGAN TAHUN2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. cover.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (5MB) |
|
Text
5. BAB 2.pdf Download (3MB) |
|
Text
6. BAB 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB 4.pdf Download (3MB) |
|
Text
8. BAB 5.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui implementasi permainan bahasa “aksi kata” dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan penguasaan mufrodat. (2) untuk mengetahui prestasi siswa dalam meningkatkan penguasaan mufrodat dengan menerapkan permainan bahasa aksi kata. (3) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat dalam penerapan permainan bahasa “aksi kata” dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan penguasaan mufrodat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi dan field research. Lokasi penelitian ini berada di MI Annuriyah Pojok Tawangharjo Grobogan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu mereduksi data, mendisplay data, serta mengambil kesimpulan. Sedangkan teknik uji kreadibilitas data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, Trianggulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, bahwa penerapan Permainan Bahasa “Aksi Kata” dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Siswa Kelas III MI Annuriyah bagus dan berhasil. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan, menambah perhatian dan kecintaan siswa dalam pelajaran bahasa Arab.Menigkatnya penguasaan mufradat siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yaitu 78,43 yang telah melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Adapun faktor pendukung dari permainan bahasa Aksi Katadalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa adalah guru, murid, dan media.Dari guru yaitu profesionalisme dan persiapannya dalam menggunakan media pembelajaran. Dari sisi siwa mereka mempunyai semangat yang tinggi dalam mempelajari bahasa arab. dari sisi media yang ada di MI Annuriyah seperti kelas, perpustakaan, lab. komputer dan wifi area.Sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang siswa yang berbeda, ada kesenjangan dalam penguasaan musrodat dan dalam pemahaman terhadap makna mufodat, dan sebagian dari mereka yang banyak yang takut melafalkan mufrodat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Bahasa Aksi Kata; Mufrodat |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) Bahasa > Tata Bahasa Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab > Tata Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Feb 2017 04:46 |
Last Modified: | 05 Feb 2017 04:46 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/448 |
Actions (login required)
View Item |