Pendidikan Akhlak untuk Anak dalam Terjemahan Kitab Al-Akhlak Al-Lilbanin Jilid I Karya Al-Ustadz Umar Bin Ahmad Baradja

Imamuddin, Ahmad (2021) Pendidikan Akhlak untuk Anak dalam Terjemahan Kitab Al-Akhlak Al-Lilbanin Jilid I Karya Al-Ustadz Umar Bin Ahmad Baradja. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (662kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (531kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (824kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (737kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (525kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (944kB)

Abstract

Di era masa kini pendidikan akhlak tidak dianggap sebagai pendidikan dasar yang penting bagi orang tua padahal seorang anak dapat dinilai dewasanya baik buruknya ketika akhlak yang telah ditanamkan sejak kecil. Oleh karena itu, pentingnya pendidikan akhlak bagi anak orang tua ataupun pendidik dapat mengajarkan akhlak – akhlak yang baik dan buruk yang dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti lagu, buku, video, jurnal, dll. mengenai pendidikan akhlak. Contoh salah satu sumber yang mengajarkan pendidikan akhlak adalah kitab Akhlak Libanin Jilid I karya Al-Ustadz Umar Bin Ahmad Baradja. Tujuan penelitian ini adalah: mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak untuk anak yang terkandung dalam kitab Al-Akhlak Al-Lilbanin Jilid 1, dan mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak anak dalam kitab Al-Akhlak Al-Lilbanin dengan masa kini pendidikan karakter. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer berasal kitab kitab Al-Akhlak Al-Lilbanin Jilid 1 dan sumber sekunder berasal dari buku-buku, jurnal, artikel dan hasil penelitian yang lain yang berkaitan dengan pendidikan akhlak. Untuk tekhnik analisis data menggunakan content analysis dengan pendekatan induktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Kitab Al-Akhlak Al-Lilbanin berisi tentang akhlak, cara pengajarannya serta contoh sikap dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kitab ini terdapat 33 bab tapi peneliti ambil sebagian yang terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak sebagai berikut : bagaimanakah akhlak yang harus dimiliki anak, anak yang sopan, anak yang tidak sopan, seorang anak harus bersikap sopan sejak kecilnya, allah swt, anak yang jujur, nabimu muhammad saw, anak yang taat, akhlak di rumah, adab seorang anak kepada ibundanya, adab anak dengan ayahnya, sopan santun seseorang bersama saudaranya, anak yang suka menyakiti, adab seseorang dengan tetangga, sebelum berangkat sekolah, akhlaq berjalan di tempat umum, akhlaq siswa di kelas, akhlaq pelajar kepada guru, akhlaq pelajar kepada temannya. 2) Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak anak dalam kitab Al-Akhlak Al-Lilbanin dengan masa kini pendidikan karakter diantaranya: bersyukur, cinta pada nabi termasuk kedalam relevansi tanggung jawab pada tuhan; taat beribadah, masuk pada karakter religius; menghormati dan menyayangi orangtua belum relevansi tidak dijelaskan secara spesifik di pendidikan karakter; nilai sabar dan pemaaf serta toleransi pada kitab masuk dalam karakter toleransi; rajin dan sungguh-sungguh masuk pada karakter kerja keras; menjaga etika baik dan menghormati guru masuk dalam karakter demokartis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlak, Pendidikan Akhlak, Kitab
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:01
Last Modified: 23 Jun 2021 04:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4498

Actions (login required)

View Item View Item