Implementasi Kegiatan Keagamaan dalam Membina Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus

Lutfiani, Choirida (2019) Implementasi Kegiatan Keagamaan dalam Membina Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (441kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (294kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya dampak globalisasi yang menyebabkan banyak problematika akhlak dan degradasi nilai-nilai karakter bangsa. Diperlukan pemberdayaan kepemilikan nilai-nilai dan karakter melalui proses pendidikan. Peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus menerapkan pembinaan karakter dalam diri siswa melalui kegiatan keagamaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (file research) yang dilaksanakan di madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus. Adapun pendekatan yang yang digunakan peneliti adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sedangkan sumber data utama dari penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kesiswaan, seksi keagamaan, dan juga siswa Madrasah Negeri 2 Kudus, yang kemudian ditambah dengan sumber data sekunder berupa arsip, dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi. Dan pada tahap analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus telah menerapkan kegiataan keagamaan dalam membina karakter siswa. Kegiatan keagamaan tersebut adalah musafahah, do’a awal dan akhir pembelajaran, tadarus al-Qur’an shalat dhuha, jama’ah shalat dzuhur, jum’at khusyu’ dan juga peringatan hari besar Islam. (2) Metode yang digunakan untuk membina karakter di madrasah yaitu: metode pembiasaan, metode teladan, sedikit pengajaran atau teori, motivasi, dan juga pengawasan. Nilai karakter yang diterapkan melalui kegiatan keagamaan adalah karakter religius, karakter sopan dan santun, karakter tanggungjawab, karakter jujur, dan juga karakter disiplin. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam membina karakter siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus, yaitu: (1) Faktor intern, meliputi insting atau naluri, adat kebiasaan, kemauan, suara batin atau suara hati siswa dan keturunan. (2) Faktor ekstern, meliputi: pendidikan dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Karakter, Kegiatan Keagamaan
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jun 2021 02:04
Last Modified: 28 Jun 2021 02:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4551

Actions (login required)

View Item View Item