Fatmawati, Silfiya (2019) Studi Eksperimen Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V di MI NU Matholi’ul Huda Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text
03. BAGIAN DEPAN.pdf Download (255kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (355kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (415kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (264kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (637kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (211kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
Abstract
Hasil pengamatan yang dilakukan diketahui bahwa pembelajaran matematika pada kelas V: (1) pembelajaran masih berpusat pada guru, (2) peserta didik cenderung pasif (3) penyajian informasi masih berorientasi pada LKS dan buku paket (4) peserta didik tidak berani mengungkapkan ide yang dimilikinya. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu perlu adanya inovasi pembelajaran matematika yang berpusat pada peserta didik yaitu melalui penggunaan model pembelajaran PBL, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan (1) dapat mengetahui penggunaan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung pecahan kelas V, (2) dapat mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam penggunaan model pembelajaran PBL pada materi operasi hitung pecahan kelas V. Penellitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang mana peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen. Disini peneliti mengambil lokasi penelitian di MI NU Matholi’ul Huda Kaliwungu Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Hasil penelitian yang didapatkan diantaranya, yaitu: (1) bahwa terdapat perbedaan yang positif antara penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung pecahan kelas V di MI NU Matholi’ul Huda Kaliwungu Kudus. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t antara post-test hasil belajar kelas eksperimen dengan post-test hasil belajar kelas kontrol yang memperoleh thitung > ttabel yaitu sebesar 2,907 > 2,00, maka Ho ditolak dan hipotesis alternatif diterima kebenarannya. (2) bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi operasi hitung pecahan kelas V di MI NU Matholi’ul Huda Kaliwungu Kudus. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t antara pre-test dengan post-test hasil belajar kelas eksperimen yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 3,256 > 2,00, maka Ho ditolak dan hipotesis alternatif diterima kebenarannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, problem based learning (PBL), hasil belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 04:19 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 04:20 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4648 |
Actions (login required)
View Item |