Tathbiq Halqah al Musyawarah li al Thullab fi Ta'lim al Lughah al Arabiyyah li Tarqiyah Maharah al Qira'ah fi al Ma'had al Islamy al Salafy Darul Falah Jekulo Kudus

Hidayat, Fathan (2020) Tathbiq Halqah al Musyawarah li al Thullab fi Ta'lim al Lughah al Arabiyyah li Tarqiyah Maharah al Qira'ah fi al Ma'had al Islamy al Salafy Darul Falah Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 Abstrak.pdf

Download (699kB)
[img] Text
3 Daftar Isi.pdf

Download (748kB)
[img] Text
4 Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 Bab 4.pdf

Download (6MB)
[img] Text
8 Bab 5.pdf

Download (532kB)
[img] Text
9 Daftar Pustaka.pdf

Download (812kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi Forum Diskusi Santri, peran, serta factor penghambat dan factor pendukung dalam penerapan Forum Diskusi Santri untuk meningkatkan ketrampilan membaca kitab kuning dan membentuk pola berpiir kritis. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan penelitian studi kasus. Objek penelitian ini adalah santri dari Pondok Pesantren Darul Falah Jekulo Kudus di Jawa Tengah.Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, dengan dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada empat macam musyawaroh di dalam Forum Diskusi Santri, syawir harian, mingguan, bulanan, tahunan, dimana materi yang dibahas adalah materi pelajaran di pondok pesantren Darul Falah dan masalah keseharian. 2) ada tiga peran yang berdampak pada siswa yaitu peran terhadap kognitif (pemahaman dan perluasan wawasan), afektif (menumbuhkan kepercayaan diri mental, toleransi, dan sikap kritis, serta menghargai pendapat orang lain), serta psikomotorik (mampu menggambarkan penjelasan secara fleksibel dan jelas. 3). Di dalam Forum Diskusi Santri ada faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambat terbagi menjadi dua yaitu faktor internal (kurangnya kepercayaan diri, tingkat pemahaman yang berbeda, dan kurangnya konsentrasi) dan faktor eksternal (kurangnya waktu, buku referensi dan ta’zir). Sedangkan factor pendukungya juga terbagi menjadi dua yaitu faktor internal (mempunyai cita-cita yang sama dalam memperdalam ilmu agama), dan faktor eksternal (adanya pembimbing dan juga peraturan serta adanya hadiah yang berupa dijadikan delegasi ke pondok lain ketika siswa tersebut dianggap mampu serta adanya materi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Forum Diskusi Santri; Maharah Qira'ah
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jul 2021 07:35
Last Modified: 06 Jul 2021 07:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4724

Actions (login required)

View Item View Item