Irtibath al Khalfiyah al Ta'limiyah li al Thullab Bintaij Ta'lim al Lughah al Arabiyah fi al Fashl al Sabi' fi al Madrasah al Mutawasithah al Islamiyyah "Raudhatus Shuban" Margoyoso Pati al Sanah al Dirasah 2020

Nuroniyyah, Anisah (2020) Irtibath al Khalfiyah al Ta'limiyah li al Thullab Bintaij Ta'lim al Lughah al Arabiyah fi al Fashl al Sabi' fi al Madrasah al Mutawasithah al Islamiyyah "Raudhatus Shuban" Margoyoso Pati al Sanah al Dirasah 2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (904kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (762kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (398kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (675kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (841kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (849kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (850kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (451kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (558kB)

Abstract

Penelitian Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana latar belakang pendidikan siswa dari SD terhadap hasil belajar Bahasa Arab di MTs Raudhotus Syuban Margoyoso Pati? (2) Bagaimana latar belakang pendidikan siswa dari MI terhadap hasil belajar Bahasa Arab di MTs Raudhotus Syuban Margoyoso Pati? (3) Adakah hubungan latar belakang pendidikan siswa terhadap hasil belajar kelas VII di MTs Raudhotus Syuban Margoyoso Pati? Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda, baik pendidikan forml (SD/MI), pendidikan informal maupun non formal. Mereka yang berasal dari MI akan lebih banyak mempunyai waktu untuk mempelajari Bahasa Arab, sedangkan siswa yang berasal dari SD relatif lebih sedikit kesempatannya untuk mempelajari Bahasa Arab, kecuali yang sore harinya mengikuti sekolah diniyah atau TPQ. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan siswa yang dari SD akan lebih baik hasilnya jika dibandingkan siswa yang dari MI. Mungkin mereka mempunyai kegiatan yang mendukung hasil belajar Bahasa Arab. Tetapi jika memang ada yang seperti itu kemungkinan sedikit. Melihat kenyataan tersebut menjadi masalah bagi Bahasa Arab. Data-data penelitian ini dihimpun dari siswa MTs Raudhotus Syuban Margoyoso Pati sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena data-data yang digunakan berbentuk angka. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan test t, dapat disimpulkan bahwa (1) Rata-rata hasil belajar Bahasa Arab siswa yang berlatar belakang pendidikan SD di MTs Raudhotus Syuban adalah 68,33 (2) Rata-rata hasil belajar Bahasa Arab siswa yang berlatar belakang pendidikan MI di MTs Raudhotus Syuban adalah 71,22 (3) Dari hasil analisis test t menyatakan adanya hubungan latar belakang pendidikan siswa terhadap hasil belajar bahasa arab di MTs Raudhotus Syuban Margoyoso Pati dengan nilai korelasi 0.284 dan dengan signifikasi 0,325 Karena signifikasi > 0,05 maka Ho diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Latar Belakang Pendidikan Siswa; Hasil Belajar Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:25
Last Modified: 06 Jul 2021 09:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4728

Actions (login required)

View Item View Item