PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI MA NU HASYIM ASY’ASRI 02 KUDUS TAHUN PELEJARAN 2016/2017

Asria Ningrum, Noar (2017) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI MA NU HASYIM ASY’ASRI 02 KUDUS TAHUN PELEJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh positif persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Ma Nu Hasyim Asy’ari 02. 2) Pengaruh positif kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Ma Nu Hasyim Asy’ari 02. 3) Pengaruh positif persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar Fiqih di Ma Nu Hasyim Asy’asri 02. Persepsi siswa tentang metode mengajar guru ialah proses menerima dan menanggapi metode mengajar yang diberikan guru pada saat proses belajar mengajar agar tercapainya kondisi belajar yang efektif. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan mengenal emsoi diri, menyadari perasaan diri sendiri, mengendalikan dirinya dan mampu membuat keputusan yang bijaksana. Siswa yang memiliki persepsi yang tinggi terhadap metode mengajar guru dan memiliki kecerdasan emosional yang tinggi maka hasil belajarnya pun tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket atau kuisioner. Metode dokumentasi untuk mengungkap data Prestasi Belajar Fiqih, metode angket digunakan untuk mengungkap variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kecerdasan Emosional. Uji coba instrumen dilaksankan di Ma Nu Hasyim Asy’ari 02 Kudus terdiri dari kelas X dengan N= 65. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi, dan uji reliabilitas mengunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji liniearitas dan uji multikoliniearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Ma Nu Hasyim Asy’ari 02. Hal ini nilai koefisien korelasi sebesar 0,591 dan koefisien determinasi sebesar 34,9%. 2) Kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Ma Nu Hasyim Asy’ari 02. Hal ini bisa dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,590 dan koefisien determinasi sebesar 34,8%. 3) Pengaruh positif persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar Fiqih di Ma Nu Hasyim Asy’asri 02. Nilai koefisien korelasi bergandanya 0,641. Hasil pengujian F yang menghasilkan besaran nilai Fhitung sebesar 21,651. Adapun nilai koefisien determinasi didapatkan nilai sebesar 41,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru; Kecerdasan Emosional Siswa; Hasil Belajar Fiqih
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 02:55
Last Modified: 11 Feb 2017 02:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item