Farikhah, Ismiatul (2021) Peran Guru Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Kaligrafi Siswa (Studi Analisis Di MI Raudlotul Athfal Mutih Kulon Wedung Demak Tahun Pelajaran 2020/2021). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (851kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (207kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (466kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (795kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (369kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (283kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana dalam mewujudkan suasana belajar dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik secara aktif dapat mengembangkan bakat atau potensi dalam dirinya. Kegiatan yang dapat menunjang keberhasilan tujuan pendidikan yaitu dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana peran guru ekstrakurikuler dalam mengembangkan bakat kaligrafi siswa, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung, penghambat peran guru ekstrakurikuler, 3) Mengidentifikasi solusi faktor penghambat peran guru ekstrakurikuler dalam mengembangkan bakat kaligrafi siswa di MI Raudlotul Athfal Mutih Kulon Wedung Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field resarch) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kaligrafi, guru bahasa Arab dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi partisipasi pasif, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data penyajian data (data dispaly), dan kesimpulan (verifkasi). Untuk menguji keabsahan datanya peneliti menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan lain-lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru ekstrakurikuler dalam mengembangkan bakat kaligrafi siswa selain sebagai pendidik ia juga berperan sebagai pembimbing, pelatih, komunikator, motivator, pendorong kreativitas, dan pemberi nilai. 2) Adapun faktor pendukung peran guru ekstrakurikuler yaitu dukungan penuh dari pihak madrasah, guru yang kompeten serta semangat yang tinggi, dukungan dan antusias dari orang tua, serta peserta didik. Sedangkan faktor penghambat meliputi perbedaan karakter atau bakat yang dimiliki anak, waktu kegiatan ekstrakurikuler, kemampuan anak yang belum terbiasa dalam berkaligrafi. 3) Solusi faktor penghambat peran guru ekstrakurikuler dalam mengembangkan bakat kaligrafi siswa diantaranya memberi dan menjaga kestabilan motivasi, menyediakan sarana prasarana, perhatian, kerjasama, latihan, penguatan, serta jam tambahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Ekstrakurikuler, Mengembangkan Bakat, Kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 02:19 |
Last Modified: | 02 Sep 2021 02:19 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5031 |
Actions (login required)
View Item |