Miasari, Desvi (2021) Analisis Respon Peserta Didik terhadap Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Alternatif Pembelajaran Biologi di Era Pandemi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. Cover-kata pengantar.pdf Download (540kB) |
|
Text
02. Abstrak.pdf Download (271kB) |
|
Text
03. Daftar isi.pdf Download (280kB) |
|
Text
04. Bab I.pdf Download (332kB) |
|
Text
05. Bab II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. Bab III.pdf Download (323kB) |
|
Text
07. Bab IV.pdf Download (800kB) |
|
Text
08. Bab V.pdf Download (288kB) |
|
Text
09. Daftar pustaka.pdf Download (312kB) |
Abstract
Penyebaran virus Corona telah merubah segala sektor di Indonesia terutama bidang pendidikan yang mengharuskan belajar di rumah. Banyak sekali keluhan yang dirasakan guru dan peserta didik. Guru berusaha untuk memanfaatkan berbagai teknologi yang telah ada guna kelancaran proses belajar. Misalnya, memanfaatkan media pembelajaran online seperti aplikasi Quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan sekaligus respon peserta didik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik terhadap pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai alternatif pembelajaran Biologi pada materi sel di era pandemi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas Xl MIA 6 dan guru Biologi MAN 1 PATI yang telah memanfaatkan aplikasi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, proses pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan hasil wawancara tidak langsung, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis mengikuti model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Cara pemanfaatan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran Biologi materi sel di era pandemi kelas Xl MIA 6, diawali dengan cara mendownload aplikasi atau menggunakan link Quizizz. Aplikasi ini terdapat 2 peran yaitu admin dan peserta. Guru sebagai admin digunakan sebagai evaluator dan sebagai perangsang motivasi dalam belajar. Sedangkan peserta didik sebagai peserta aplikasi Quizizz untuk memperoleh umpan balik dari soal yang telah dikerjakan. (2) Respon peserta didik yaitu pada aspek kognitif sebesar (86% respon positif), aspek afektif (95% respon positif) dan aspek psikomotorik (61% respon positif). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa respon peserta didik memperoleh respon positif. Penelitian ini, harapannya dapat dijadikan refrensi untuk melanjutkan dengan subjek penelitian yang lebih luas serta berbagai materi di Biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Respon Peserta Didik, Aplikasi Quizizz, Pembelajaran Biologi, Pandemi |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 03:20 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 03:20 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5122 |
Actions (login required)
View Item |