Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di MTs Al-Ikhwan Klitih Karangtengah Demak

Ghoni, Abdul (2021) Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di MTs Al-Ikhwan Klitih Karangtengah Demak. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (522kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (762kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (729kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (377kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (681kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah di MTs Al-Ikhwan Demak, (2) Untuk mengetahui mutu pendidikan Islam di MTs Al-Ikhwan Demak, (3) Untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di MTs Al-Ikhwan Klitih Karangtengah Demak. Jenis penelitian ini adalah menggunakan jenis kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Peneliti melakukan studi kasus di MTs Al-Ikhwan Klitih Karangtengah Demak untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam. Selain itu, untuk mengkontruksi konsep terkait fokus penelitian, peneliti menggunakan pendekatan filosofis dimana pendekatan yang mengaplikasikan cara berpikir dengan menggunakan kaidah-kaidah filsafat. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatoris, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan melakukan verifikasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di MTs al-Ikhwan menggunakan tipe demokratis. Hal tersebut digunakan kepala madrasah dalam mengambil keputusan, rapat dan pendekatan terhadap anggota-anggotanya. (2) Mutu pendidikan Islam di MTs al-Ikhwan Klitih menurun disebabkan karena kurangnya kedisiplinan, lingkungan kurang mendukung dan kurangnya partisipatif orangrtua serta masyarakat terhadap mutu pendidikan Islam. (3) Peran kepemimpian kepala MTs al-Ikhwan berpengaruh terhadap mutu pendidikan Islam. Dalam hal ini peran kepemimpinan kepala madrasah meliputi educator, manajeral, administrator, supervisor, leader, dan motivator yang telah diterapkan untuk bersama-sama mewujudkan madrasah yang bermutu baik mutu pendidikan secara umum maupun mutu pendidikan Islami. Sementara upaya kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di MTs al-Ikhwan Demak melalui beberapa pendekatan yaitu: a) Pendekatan kepada semua guru untuk memberdayakan kualitas kinerja guru agar guru mempunyai profesionalisme serta etos kerja yang tinggi dalam pendidikan. b) Pendekatan kepada siswa diberikan diharapkan siswa akan merasa diperhatikan dan mempunyai tanggung jawab penuh. c) Pendekatan kepada orang tua siswa diharapkan agar dapat memberikan pengarahan pada anaknya untuk belajar dengan sungguh-sungguh, khususnya pada orang tua siswa kelas sembilan agar memberikan bimbingan dan pengarahan secara ekstra agar anaknya mendapatkan nilai hasil ujian yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Madrasah, MTs Al-Ikhwan Demak dan Mutu Pendidikan Islam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:02
Last Modified: 16 Sep 2021 03:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5169

Actions (login required)

View Item View Item