Nisa’, Elia Khoirun (2019) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PowerPoint terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI IPA pada Mata Pelajaran SKI di MA Mu’allimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (427kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (329kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (454kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (551kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (535kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (669kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (318kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
Abstract
Penelitian ini termasuk penelitian komparatif dengan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh media pembelajaran konvensional dengan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran SKI di MA Mu’allimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA di MA Mu’allimat NU Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deksriptif dan uji hipotesis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengaruh media pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir analitis siswa dalam pembelajaran SKI dapat dilihat dari perolehan hasil rata-rata nilai posttest sebesar 80,53 yang mengalami kenaikan sebanyak 2,97 dari rata-rata nilai pretest sebesar 77,56. (2) Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint terhadap kemampuan berpikir analitis siswa dalam pembelajaran SKI dapat dilihat dari perolehan hasil rata-rata nilai posttest sebesar 83,02 yang mengalami kenaikan sebanyak 6,46 dari nilai rata-rata pretest sebesar 76,56. (3) Berdasarkan hasil uji t independent sample t-test pada nilai posttest didapatkan perolehan thitung sebesar 1,712 yang di mana nilai tersebut lebih besar dibandingkan nilai ttabel dengan df 88 dan α 5% sebesar 1,671 (thitung = 1,712 > ttabel = 1,671) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh penggunaan media pembelajaran konvensional dengan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint terhadap kemampuan berpikir analitis siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Konvensional, Interaktif Berbasis PowerPoint, Analitis |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 03:46 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 03:46 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5224 |
Actions (login required)
View Item |