Jamal, Sulaeman (2021) Strategi Pemasaran Syari’ah Produk Amtsilati Water Pondok Pesantren Darul Falah Di Masa Pandemi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (353kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (310kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (414kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (782kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (416kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (909kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (373kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
Abstract
CV. Amtsilati Water merupakan salah satu unit perusahaan AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) milik Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati yang ada di Kabupaten Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi mendalam mengenai strategi marketing dan pemasaran syari’ah yang digunakan oleh CV. Amtsilati Water dalam mengembangkan usahanya. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana strategi pemasaran syari’ah produk Amtsilati Water Pondok Pesantren Darul Falah di masa pandemi ? dan 2) Apakah ada faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam strategi pemasaran syari’ah produk Amtsilati Water di masa pandemi ? Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari data primer yaitu wawancara kepada Divisi Administrasi, Divisi Pemasaran, Divisi Produksi, Divisi Pengiriman, serta agen CV. Amtsilati Water; dan data sekunder, yaitu data dari laporan maupun akun media sosial CV. Amtsilati Water. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verification). Dari hasil penelitian, strategi marketing mix yang digunakan terdiri dari: produk, harga, tempat/distribusi, dan promosi. Pemasaran syari’ah tidak tertulis sebagai visi dan misi, namun dalam pelaksanaannya CV. Amtsilati Water telah menerapkan kaidah-kaidah pemasaran syari’ah, seperti: menerapkan nilai kejujuran, keadilan dalam melakukan transaksi jual beli dan kegiatan operasional yang bersifat transparan. Faktor pendukung yang dimanfaatkan CV. Amtsilati Water dalam mengembangkan usaha, yaitu: 1) ketersediaan stok bahan baku; 2) lokasi yang strategis; 3) kepuasan agen atau konsumen; dan 4) teknologi. Faktor penghambat yang dihadapi CV. Amtsilati Water dalam mengembangkan usaha, ialah 1) saluran distribusi, terkendala proses izin BPOM; 2) faktor cuaca seperti hujan yang menghambat proses distribusi; dan 3) keterbatasan dalam stok produk karena belum adanya gudang stok khusus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing, Pemasaran Syari’ah, CV. Amtsilati Water. |
Subjects: | 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:56 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 02:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5417 |
Actions (login required)
View Item |