Uliyana, Dzawil (2016) HUBUNGAN ANTARA METODE INQUIRY DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (4MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (4MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metode inquiry dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis field research, dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan angket yang disebarkan pada responden sebanyak 159 peserta didik. Kemudian analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu menggunakan analisis statistik meliputi analisis pendahuluan, uji hipotetis dan analisis lanjut. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MTs NU Ibtidaul Falah yakni pada ruang kelas VII. Adapun hasil penelitian ini adalah penerapan metode inquiry pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah tergolong “baik” dengan memiliki rata-rata 59,25 yang termasuk dalam interval (58-66), artinya metode inquiry pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016 artinya metode inquiry rata-rata memiliki hubungan yang baik sehingga mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an hadits di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Dan kemampuan berpikir kritis peserta didik di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016 adalah tergolong “cukup baik” dengan memiliki rata-rata 53,90 yang termasuk dalam interval (48-56). Artinya kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU Ibtidaul Falah tahun pelajaran 2015/2016 dilatarbelakangi oleh adanya metode inquiry. Dari hasil uji hipotetis, terbukti bahwa rxy =7,81 dimana (ro > rt ) ro lebih besar dari rt. Pada taraf kesalahan 1% (rt =0,210 sedangkan ro =0,781 ) maupun 5% (rt =0,159 sedangkan ro =0,781) maka keduanya signifikan. Dan pada uji t 15.669>1.645 artinya t hitung lebih besar dari pada t tabel , maka Ha diterima atau Ho ditolak. Jadi, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara metode inquiry dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Dari hasil perhitungan diperoleh, besarnya koefisien determinasi (R) sebesar 60,9961% atau 61%. Hal ini berarti pengaruh adalah sebesar 61% sedang sisanya 100% - 61% = 39% merupakan variabel lain yang belum diteliti peneliti
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Inquiry; Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Feb 2017 04:58 |
Last Modified: | 11 Feb 2017 04:58 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/542 |
Actions (login required)
View Item |