Fa’aaliyah al barnamaj al dirasii "almuhadatsati" litarqiyah maharah al kalam ladaay al tulaab al shafi al tsaamin bimadrasah al mutawasitah al islamiyah Nurul Islam Kriyan kalinyamatan Jepara al sunah al dirasiyah 2019-2020 (dirasah shibh tajribiatin)

Shiddiq, Delila Ilfi (2019) Fa’aaliyah al barnamaj al dirasii "almuhadatsati" litarqiyah maharah al kalam ladaay al tulaab al shafi al tsaamin bimadrasah al mutawasitah al islamiyah Nurul Islam Kriyan kalinyamatan Jepara al sunah al dirasiyah 2019-2020 (dirasah shibh tajribiatin). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (803kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 FILE 2 BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 FILE 3 BAB 2.pdf

Download (5MB)
[img] Text
6 FILE 4 BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 FILE 5 BAB 4.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 FILE 6 BAB 5.pdf

Download (838kB)
[img] Text
9 FILE 7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (615kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui proses pembelajaran keterampilan berbicara di kelas VIII MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara, (2) Mengetahui penggunaan program pembelajaran muhadatsah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas VIII MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara, (3) Mengetahui seberapa efektif program pembelajaran muhadatsah dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan data penelitian berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui metode observasi, dokumetasi, dan tes. Sedangkan analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji t test. Dari penelitian ini, dibuktikan bahwa peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas eksperimen dalam proses eksperimental penggunaan program pembelajaran muhadatsah dalam pembelajaran bahasa Arab menunjukkan hasil yang lebih baik dari pada hasil jumlah siswa pada kelas kontrol, dengan hasil sebagai berikut: (1) Penggunaan program pembelajaran muhadatsah pada siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dapat dikatakan cukup baik, karena hasil yang dicapai mencapai nilai rata-rata 84,09, sedangkan pada siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol mencapai rata-rata 66,06 (2) Dari nilai tes yang dihitung dengan menggunakan rumus t test, t hitung mencapai nilai 9,029 yang artinya lebih tinggi dari nilai t tabel dengan taraf 5% dengan jumlah peserta didik 33 yaitu 2,039 (3) Jika t hitung lebih besar daripada t tabel maka diterima. Maka hasilnya adalah penggunaan program pembelajaran muhadatsah efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII B di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Program Pembelajaran, muhadatsah, dan kemampuan berbicara
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Oct 2021 01:51
Last Modified: 15 Oct 2021 01:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5431

Actions (login required)

View Item View Item