Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Edutainment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Miftahul Huda Kaliori Rembang

Dewi, Lusiana (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Edutainment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Miftahul Huda Kaliori Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER s.d KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (555kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (676kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (649kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (849kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (427kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Edutainment pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan utama penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui seberapa tinggi motifasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Edutainment pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII. 2) Untuk mengetahui seberapa tinggi motifasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konfensional pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII. 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Edutainment terhadap motifasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Miftahul Huda Kaliori Rembang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain Non Equivalent Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif. Penulis melakukan eksperimen di MTs Miftahul Huda Kaliori Rembang yakni ruang lingkup kelas VIII. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner,dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, dan uji homogenitas, kemudian di uji lagi dengan uji statistik menggunakan uji t (independent sample t test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan dari penerapan model pembelajaran kelas kontrol pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Miftahul Huda Kaliori Rembang dalam kategori baik dengan rata-rata 71,18 dalam rentang interval 71-80. 2) Pelaksanaan dari penerapan model pembelajaran edutainment kelas eksperimen pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Miftahul Huda Kaliori Rembang dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 82,05 dalam rentang interval 81-100. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksaan model pembelajaran edutainment terhadap motivasi belajar SKI siswa kelas VIII di MTs Miftahul Huda Kaliori Rembang antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dilihat dari uji perbedaan dua rata-rata, dinyatakan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan yang berbeda, karena pada kelas kontrol Sig.(p) > a (0.05) yaitu 0,072 > 0,05 dan thitung < ttabel yaitu 0,566 < 1,680, sedangkan pada kelas eksperimen Sig.(p) < a (0,05) yaitu 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 4,819 > 1,680. Diketahui bahwa motivasi belajar posttest kelas eksperimen memperoleh motivasi belajar posttest sebesar 82,05 lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi belajar posttest kelas kontrol yaitu sebesar 71,18. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran edutainment berkontribusi meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran SKI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Edutainment , Motivasi Belajar, SKI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Oct 2021 01:33
Last Modified: 18 Oct 2021 01:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5456

Actions (login required)

View Item View Item