Pengaruh Kepramukaan terhadap Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Kelas V di MIN 1 Rembang, Tahun 2021

Khumayyah, Nurul (2021) Pengaruh Kepramukaan terhadap Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Kelas V di MIN 1 Rembang, Tahun 2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER S.D KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (599kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (409kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (783kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (940kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (690kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (503kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (609kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan kepramukaan di MIN 1 Rembang, untuk mengetahui pembentukan karakter tanggung jawab pada peserta didik kelas V di MIN 1 Rembang, dan untuk mengetahui pengaruh kepramukaan terhadap pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik kelas V di MIN 1 Rembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di MIN 1 Rembang, sekaligus menjadi sampel penelitian yang berjumlah 66 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan sudah di ujikan (try out) kepada 30 anak nonresponden dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil uji validitas rhitung lebih besar dari rtabel (0.361) dan bernilai positif artinya seluruh item valid, serta hasil uji reliabilitas memiliki nilai Cronbach’s Alpha yang lebih besar dari 0,60. Sedangkan, metode analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan Kepramukaan di MIN 1 Rembang adalah sebesar 65,47 dan termasuk dalam kategori “Baik” dengan interval (62-71), sedangkan pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik kelas V di MIN 1 Rembang adalah sebesar 67,68 dan termasuk dalam kategori “Baik” dengan interval (64-73). Hasil uji hipotesis menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan antara Kepramukaan terhadap pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik kelas V di MIN 1 Rembang. Hal ini dapat dilihat dari Fhitung lebih besar dari pada Ftabel (74,828>3,14), yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kepramukaan memberikan konstribusi sebesar 53,9% terhadap pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik dengan persamaan regresi Ŷ= 21,432 + 0,706X.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepramukaan, karakter, tanggung jawab peserta didik.
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Oct 2021 01:36
Last Modified: 18 Oct 2021 01:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5457

Actions (login required)

View Item View Item