Qomariah, Siti (2019) Tariqah ta’lim al lughah al ‘arabiyah fii al madrasah al tsaanawiyah al islamiyah hasyim asy’ari 2 quds lil’am al dirasy 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1.cover- kata pengantar.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (814kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (983kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (6MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (5MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (908kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (650kB) |
Abstract
Metode merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran. Dan merupakan faktor yang berpengaruh terhadap mutu pendidikan. Dengan begitu guru tidak lagi menjadi sumber utama dan satu-satunya dalam memperoleh informasi materi pelajaran, demikian juga siswa mereka akan lebih leluasa dalam memperoleh informasi materi pelajaran. Skripsi ini mendeskripsikan tentang proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan berbagai metode, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan berbagai metode. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan metode kualitatif. Metode pengumpulan data dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan mereduksi data, mendisplay data, dan verifikasi data. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Asy’ari 2 Kudus baik dan menyenangkan siswa. Adapun dalam pembelajaran bahasa Arab terdapat 4 maharah (keterampilan) yaitu: maharah kalam, maharah qira’ah, maharah istima’, maharah kitabah. Guru dalam menyampaikan materi dengan menggunakan metode di sesuaikan dengan 4 maharah tersebut. ketika terdapat materi yang mengadung maharah kalam guru dalam menyampaikan materi kepada siswa menggunakan metode Talking Stick,role playing, Numbered Head Together, Think-Pair Share, Cooperative Script, Muhadatsah dan Tsanaiyal Lugah. ketika terdapat materi yang mengandung maharah qira’ah guru dalam menyampaikan materi kepada siswa menggunnakan metode Drill, Jigsaw, Muthola’ah, Mubasyaroh, Sam’iyah Syafahiyah dan Qira’ah. ketika terdapat materi yang mengandung maharah istima’ guru dalam menyampaikan materi menggunakan metode mahfudzat, Insya’, Qowa’id, Sam’iyah Syafahiyah, Eksperimen. ketika terdapat materi yang mengandung maharah kitabah guru dalam menyampaikan materi kepada siswa menggunakan metode make and match, Imla’, Nahwiyah dan Tarjamah, Artikulasi, dan Cognitive Code Learning. Dan faktor pendukung dari metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Hasyim Asy’ari 2 Kudus adalah 1) mampu menciptakan suasana aktif dan menyenangkan dan materi pembelajaran yang disampaikan lebih menarik perhatian siswa. 2) suasana kegembiraan tumbuh dalam proses pembelajaran serta munculnya dinamika gotong royong yang merata diseluruh siswa. Adapun faktor penghambatnya adalah, 1) pembelajaran bahasa Arab membutuhkan waktu yang panjang, 2) kurangnya sikap pemberanian kepada siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 01:38 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:38 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5518 |
Actions (login required)
View Item |