Qudsiyah, Noor Lailatul (2021) Strategi Komunikasi Penggalangan Dana Sosial Lembaga IZI Kudus Melalui Media Poster. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (960kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (466kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (367kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (501kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (598kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (507kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (371kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
Abstract
Penggalangan dana sosial bertujuan memotivasi masyarakat untuk berdonasi, hal tersebut harus melakukan pendekatan secara langsung dengan para pemberi dana atau donatur, salah satunya adalah dengan menggunakan strategi komunikasi. Strategi komunikasi yang tepat dapat mempengaruhi khalayak membuat keputusan dalam memberikan donasi pada organisasi atau lembaga untuk membiayai program-program yang direncanakan. Meskipun media komunikasi berkembang pesat, ternyata IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) Kudus masih menggunakan media cetak berupa poster sebagai media menggalang dana, berdasarkan hal tersebut peneliti sangat tertarik untuk melakukan penelitian mengenai suatu strategi komunikasi penggalangan dana sosial melalui media poster. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui strategi komunikasi penggalangan dana sosial melalui media poster (2) mengetahui kelebihan dan kekurangan media poster sebagai strategi komunikasi dalam penggalangan dana sosial. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan studi lapangan pada IZI Jawa Tengah di Kudus. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari ketua Kantor perwakilan IZI Jawa Tengah dan staf EKZ (Edukasi dan Kemitraan Zakat) IZI Jawa Tengah di Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi Komunikasi penggalangan dana sosial melalui poster yang dilakukan IZI Jawa Tengah di Kudus yakni dengan melakukan kombinasi antara strategi penggalangan dana dengan strategi komunikasi, yaitu berupa “Kotak Amal Berposter” dimana sebuah poster ditempelkan pada kotak amal dengan tujuan meningkatkan motivasi orang berderma. 2) Terdapat kelebihan dan kekurangan media poster dalam strategi komunikasi penggalangan dana sosial; kelebihannya yaitu: Tidak memiliki batas usia target pasar, menyampaikan program dengan jelas dan mudah dipahami komunikan, desain komunikasi visual yang menarik, biaya produksi relatif murah, dikolaborasikan dengan alat penggalangan dana, dan peletakannya Fleksible. Adapun kekurangannya yaitu: Dilihat dalam waktu yang singkat, ukurannya kecil, jangkauan target audien hanya pada titik pemasangan tertentu, berbahan dasar stiker, mudah dirobek dan rusak, resiko kehilangan/ dicuri, dan terakhir persaingan dengan lembaga lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Penggalangan Dana Sosial, Poster, IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) |
Subjects: | 000 Ilmu Komputer, Informasi, Karya Umum > 070 Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 01:47 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 01:47 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5535 |
Actions (login required)
View Item |