Pengaruh Etika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Jasa Trasnportasi Bus di PO Haryanto Kudus

Rohmania, Sinta (2021) Pengaruh Etika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Jasa Trasnportasi Bus di PO Haryanto Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (449kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (555kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis merupakan hal yang tidak dapat dihindari, tak jarang para pelaku bisnis menghalalkan segala cara untuk dapat bersaing dan mendapat keuntungan yang besar. Setelah Indonesia di gemparkan dengan merebaknya virus Covid-19 yang sangat merugikan diberbagai sector sehingga banyak perusahaan mengalami penurunan pendapatan, salah satunya pada jasa transportasi. Pemberlakuan social distancing mengakibatkan menurunnya penumpang pada jasa transportasi umum terutama bus, apalagi pada akhir tahun yang biasanya terjadi lonjakan penumpang kini menjadi menurun. Kelesuan tersebut menjadikan para pemilik usaha kebingungan untuk mencari penumpang bahkan sebagian dari mereka menutup sementara usaha tersebut sampai waktu yang tidak pasti kapan berakhirnya virus Covid-19. Oleh karena itu para pelaku usaha harus memahami pentingnya etika bisnis Islam untuk membangun keberhasilan dunia dan akhirat. Sebuah usaha yang telah menanamkan etika bisnis secara Islami akan mendapatkan nilai positif dari para pelanggan sehingga menciptakan kepuasan tersendiri bagi para pelanggan. Selain itu kualitas pelayanan dan harga suatu produk jasa juga menjadi pertimbangan pengguna jasa dalam mencapai kepuasan tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika bisnis Islam, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada jasa transportasi bus di PO Haryanto Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik accidential sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang diperoleh dari perhitungan solvin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner angket dengan skala pengukuran menggunakan skala likert kemudian data diolah menggunakan SPSS Versi 25 dengan metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika bisnis Islam berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikan sebesar 0,048 < 0,05, sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikan sebesar 0,031 < 0,05 dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Etika bisnis Islam, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada jasa transportasi bus di PO Haryanto Kudus, hal ini ditunjukkan pada hasil uji F yang menunjukkan f hitung > f tabel yaitu 33,714 > 2,70 dengan nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 51,3% sedangkan sisanya sebesar 48,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan.
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis
Bisnis

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:30
Last Modified: 26 Oct 2021 02:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5561

Actions (login required)

View Item View Item