Tathwir al-Mawad al-Ta'limiyah li Maharah al-Qiraah 'ala Asasi al-Qishah al-Musawwarah li Thullab Madrasah Natijatul Islam al-Mutawasithoh al-Islamiyah Jaken Pati

Natavia, Ella (2021) Tathwir al-Mawad al-Ta'limiyah li Maharah al-Qiraah 'ala Asasi al-Qishah al-Musawwarah li Thullab Madrasah Natijatul Islam al-Mutawasithoh al-Islamiyah Jaken Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (915kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (514kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (946kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (721kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (908kB)

Abstract

Bahan ajar merupakan bagian penting dari proses pembelajaran. Keberadaan bahan ajar yang baik dan menarik dapat membantu siswa untuk belajar materi dengan mudah dan menyenangkan. Maharah qiraah merupakan satu dari empat keterampilan berbahasa. Dalam pembelajaran bahasa Arab, maharah qiraah bertujuan agar siswa mampu memahami isi bacaan pada teks-teks qiraah. Namun, dalam kenyataannya tujuan pembelajarn qiraah masih sulit dicapai. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik sebagaimana yang ditemukan oleh peneliti di MTs Natijatul Islam Jaken Pati, masih banyak sıswa yang merasa kesulitan dalam memahami isi teks berbahasa Arab. Maka dari itu, peneliti melihat pentingnya mengembangkan bahan ajar untuk maharah qiraah berbasis cerita bergambar. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan bahan ajar untuk maharah qiraah berbasis cerita bergambar untuk siswa di MTs Natijatul Islam Jaken Pati (2) untuk mengetahui hasil validasi dari pengembangan bahan ajar untuk maharah qiraah berbasis cerita bergambar untuk siswa di MTs Natijatul Islam Jaken Pati (3) untuk mengetahui respon siswa di MTs Natijatul Islam Jaken Pati terhadap bahan ajar untuk maharah qiraah berbasis cerita bergambar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development, model Dick and Carey dengan beberapa modifikasi, tahap penelitian ini yaitu: analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, validasi produk, dan revisi produk. Subjek uji coba untuk mengethui kelayakan bahan ajar ini terdiri dari ahli materi, ahli media, ahli pengguna dan 3 siswa MTs Natijatul Islam Jaken Pati. Adapun pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Dan analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) produk bahan ajar untuk maharah qiraah berbasis cerita bergambar untuk siswa di MTs Natijatul Islam Jaken Pati (2) hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar untuk maharah qiraah berbasis cerita bergambar layak digunakan ditinjau dari aspek materi, media dan ahli pengguna. Bahan ajar ini memperoleh skor kelayakan (dalam persen) dari aspek materi 73,3% dan aspek media 81,4% dan ahli pengguna 85,4%. Berdasarkan data ini, diperoleh rata-rata 80,03% dengan kategori “baik”. (3) respon siswa menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis cerita bergambar layak digunakan dan memperoleh rata-rata 80.7 dengan kategori “baik”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Maharah Qiraah, Cerita Bergambar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:09
Last Modified: 15 Nov 2021 02:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5824

Actions (login required)

View Item View Item