Miskiyah, Nafkhatul (2021) Analyzing Lexical Density and Readability of Reading Texts in English Textbook Stop Bullying Now by Mahrukh Bashir. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (951kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (465kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (724kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (492kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (720kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (586kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (808kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (468kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (580kB) |
Abstract
Keterampilan membaca sangat diperlukan bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Namun kenyataannya, sebagian besar siswa kesulitan untuk memahami teks yang mereka baca. Hal tersebut dapat disebabkan oleh teks yang terlalu panjang dan banyak kosakata yang tidak diketahui. Hal ini berkaitan langsung dengan kerapatan leksikal dan keterbacaan dalam sebuah teks bacaan. Tujuan dari kepadatan leksikal adalah untuk menentukan seberapa banyak informasi yang terkandung dalam sebuah teks. Dan diperlukan tes keterbacaan untuk mengetahui tingkat kesulitan dari teks tersebut. Jadi, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepadatan leksikal dan tingkat keterbacaan teks bacaan di buku teks bahasa Inggris kelas sebelas dan untuk mengetahui relevansi kepadatan leksikal dan tingkat keterbacaan terhadap tingkat kelas dari teks tersebut. Penelitian kepustakaan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sebagai desain penelitian. Sumber data primer diperoleh dari buku teks bahasa Inggris kelas XI “Stop Bullying Now” karya Mahrukh Bashir yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017. Peneliti menggunakan 11 teks sebagai data. Dan untuk sumber data sekunder, peneliti menggunakan buku yang berjudul Words and Phrases: Corpus Studies of Lexical Semantics oleh Michael Stubbs, Language and Education oleh MAK Halliday, The Principle of Readability oleh William H. DuBay dan buku dari Alan Bailin dan Ann Grafstein berjudul Readability: Text and Contexts. Dalam menganalisis kerapatan leksikal, peneliti menggunakan rumus Ure dan untuk uji keterbacaan menggunakan Rumus Flesch Reading Ease. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) 8 teks dengan skor kerapatan leksikal di atas 50% dikategorikan cukup padat dan tiga lainnya tergolong rendah karena skornya kurang dari 50%. (2) Berdasarkan uji keterbacaan, dari sebelas teks dalam buku ajar ini terdapat 5 tingkat membaca. Dan hanya 4 teks yang sesuai dengan tingkat kelas siswa. (3) Nilai rata-rata tes keterbacaan adalah 64,40 yang termasuk dalam taraf standar. Hal ini menunjukkan bahwa teks bacaan dalam buku teks ini lebih sesuai untuk kelas 8-9 SMP. Secara umum, kerapatan leksikal dan keterbacaan tidak berubah secara signifikan seiring dengan peningkatan level teks dalam korpus penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lexical Density, Readability, Reading Texts, Textbook |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 03:04 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 03:04 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5841 |
Actions (login required)
View Item |