Implementasi Metode Reward Dan Punishment Dalam Menanamkan Kedisiplinan Pada Anak Usia Dini Di Ra Tarbiyatul Mubtadi Danyangmulyo Winong Pati

Hayuningsih, Dwi Wahyu Nur (2021) Implementasi Metode Reward Dan Punishment Dalam Menanamkan Kedisiplinan Pada Anak Usia Dini Di Ra Tarbiyatul Mubtadi Danyangmulyo Winong Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (739kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (519kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (896kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (761kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (641kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1)Mendeskripsikan implementasi metode Reward dan Punishment dalam menanamkan kedisiplinan pada Anak Usia di RA Tarbiyatul Mubtadi Danyangmulyo Winong Pati (2)Mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan metode Reward dan Punishment dalam menanamkan kedisiplinan pada Anak Usia di RA Tarbiyatul Mubtadi Danyangmulyo Winong Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber dalam data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dengan menggunakan teknik penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Implementasi penggunaan metode Reward dan Punishment dalam menanamkan kedisiplinan pada Anak Usia di RA Tarbiyatul Mubtadi Danyangmulyo Winong Pati berdasarkan konsep pembelajaran yang diberikan pendidik atau guru kepada anak didik, dari hasil kegiatan pembelajaran dengan menanamkan kedisiplinan dengan Metode Reward dan Punishment telah menempuh beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Tahap perencanaan meliputi penyiapan RPPM, pembuatan RPPH serta merencanakan bahan dan alat, merancang pembelajaran yang akan disampaikan, dan merancang langkah-langkah pelaksanaannya. Tahap pelaksanaan meliputi pra-pengembangan, pengembangan, dan penutup. Untuk tahap ini yang dilakukan pendidik adalah menyiapkan alat dan bahan. Dalam kegiatan menanamkan kedisiplinan dengan metode Reward dan Punishment pada anak didik di bagi menjadi dua kali kelompok yaiu kelompok awal dan kelompok kedua, anak didik memiliki tugas masing-masing di kelompok kedua sebelum mengerjakan tugas utama di kelompok asal, setelah tugas pertama di kelompok kedua anak didik mengerjakan tugas utamanya dikelompok awal. Tahap evaluasi meliputi penilaian terhadap hasil belajar dan proses pembelajaran yang telah berlangsung dari awal hingga akhir. Berdasarkan nilai karakter sosial emosional yang diterapkan selama pembelajaran berlangsung dihasilkan dari kedisiplinan dengan metode Reward dan Punishment yang dilaksanakan secara berkelompok dan dicontohi oleh pendidik dan orang tua dalam sehari-hari akan menumbuhkan rasa tangungjawab, prilaku yang sopan santun, saling tolong menolong, gotong royong, saling berbagi, dan menumbuh kembangkan kepekaan sosial, menghargai pendapat sesama temannya. 2. Faktor pendukung terdapat tiga faktor yaitu: a. fasilitas yang memadai, b. Faktor guru dan teman sebaya yang selalu memotivasi agar anak selalu bersemangat. 3. Faktor penghambatnya terdapat faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari tiga faktor yaitu : a. Waktu , b. anak kurang aktif dan kurang bersemangat, . Sedangkan faktor eksternal yaitu : pola asuh orang tua yang otoriter maupun terlalu memanjakan dan mencemaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Reward dan Punishment, Kedisiplinan, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Nov 2021 01:37
Last Modified: 16 Nov 2021 01:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5858

Actions (login required)

View Item View Item