Peningkatan Ecoliteracy Peserta Didik melalui Model Project Based Learning dengan Proyek Ecobrick pada Materi Pencemaran Lingkungan

Sya’diyah, Syifaus (2021) Peningkatan Ecoliteracy Peserta Didik melalui Model Project Based Learning dengan Proyek Ecobrick pada Materi Pencemaran Lingkungan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (472kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (670kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (654kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (524kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (352kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan ecoliteracy peserta didik melalui model project based learning dengan proyek ecobrick pada materi pencemaran lingkungan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah kelas VII B SMP N 2 Sedan yang berjumlah 31 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis instrumen, analisis stastistik deskriptif, dan analisis statistik inferensial. Analisis instrumen meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda dan uji tingkat kesukaran. Adapun analisis ststistik deskriptif meliputi mean dan n-gain, dan analisis statistik inferensial menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest ecoliteracy pada aspek pengetahuan sebesar 89,67. Adapun untuk aspek sikap memiliki nilai rata-rata sebesar 90,72. dan rata-rata aspek keterampilan sebesar 81,29. Selain itu rata-rata perolehan nilai n-gain sebesar 0,80 dengan kategori tinggi. Hasil analisis uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 ˂ 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning melalui proyek ecobrick berpengaruh terhadap ecoliteracy peserta didik pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Ecobrick, Ecoliteracy
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:15
Last Modified: 22 Nov 2021 03:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item View Item