Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Berdasarkan Kriteria Taksonomi Structure Of The Observed Learning Outcames

Sari, Atika (2021) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Berdasarkan Kriteria Taksonomi Structure Of The Observed Learning Outcames. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (571kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (503kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (798kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan, mahasiswa fokus menggunakan cara persis seperti yang guru contohkan. Apabila menemukan masalah yang berbeda mereka akan mengalami kesulitan. Bila konsep tersebut dilakukan terus menerus maka perkembangan kemampuan berpikir kreatif akan rendah. Hingga mengevaluasi kemampuan berpikir kreatif menggunakan kriteria taksonomi structure of the observed learning outcame(SOLO) merupakan salah satu metode yang mudah dan bisa digunakan untuk mengetahui seberapa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan presentase Pada indikator flexibility (keluwesan) rata-rata siswa mencapai level multistruktural.Pada indikator originality (keaslian)rata-rata siswa mencapai level multistruktural.Pada indikator elaborasi rata-rata siswa mencapai level multistruktural.Sedangkan tingkat kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal berpikir kreatif berbeda-beda. Pada indikator fluency (kelancaran) terdapat kesalahan pada keempat level yakni level unistruktural, level multistruktural, level relasional, dan level abstrak diperluas. Pada indikator flexibility terdapat kesalahan pada level unistruktural, level multistruktural, dan level relasional. Pada indikator originality terdapat pada level relasional dan abstrak diperluas. Sedangkan pada level elaborasi terdapat kesalahan pada level unistruktural, level multistruktural, dan level abstrak diperluas. Penelitian ini tidak sekedar berhenti disini saja, akan tetapi berguna bagi para guruterlebih guru matematika yang mana ketika guru membaca tulisan ini maka guru akan lebihmemperhatikan kemampuan berpikir kreatif siswa. Akibatnya, berupaya kreatif serta inovatif dalam mendesain pembelajaran sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Geometri (Bangun ruang sisi datar balok dan kubus), Taksonomi Structure Of The Observed Learning Outcames
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Nov 2021 03:18
Last Modified: 25 Nov 2021 03:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5996

Actions (login required)

View Item View Item