Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Peserta Didik Pada Pembelajaran Membaca, Menulis, dan Berhitung (Calistung) di MI Nahdlatul Ulama Gribig Kudus

Rohmah, Nailatur (2021) Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Peserta Didik Pada Pembelajaran Membaca, Menulis, dan Berhitung (Calistung) di MI Nahdlatul Ulama Gribig Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (380kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (227kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (718kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (125kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran calistung peserta didik kelas III, kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik kelas III, serta upaya yang dilakukan guru kelas III dalam mengatasi kesulitan Calistung peserta didik kelas III MI Nahdlatul Ulama. Jenis penelitian ini adalah penelitian dekripstif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan studi langsung ke lapangan terhadap beberapa subjek yaitu guru, sedangkan informannya adalah peserta didik kelas III dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan pengamatan secara langsung di sekolah pada saat proses pembelajaran. Sementara wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, guru kelas III, dan siswa kelas III. Dokumetasi baik foto maupun data tentang kegiatan siswa-siswi kelas III ketika disekolah serta profil sekolah diperoleh dari kepala madrasah, guru kelas III, dan hasil pengamatan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran calistung di MI Nahdlatul Ulama Gribig belum sepenuhnya berjalan secara optimal, hal ini diketahui ketika guru meminta peserta didik untuk maju membaca, menulis dan berhitung disini terlihat masih ada siswa yang kesulitan (belum bisa). Dalam mengajar dikelas guru tidak membedakan antara siswa yang mengalami kesulitan dan siswa yang tidak mengalami kesulitan, metode yang digunakan guru biasanya metode ceramah dan tanya jawab, media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis dan buku Lembar Kerja Siswa. (2) kesulitan yang dialami siswa diantaranya adalah siswa kesulitan dalam mengenal dan membedakan huruf, Dalam membaca masih terbata-bata dan mengucap kata masih ragu, Siswa masih kesulitan dalam merangkai susunan kata, dalam menulis dan menyalin tulisan lambat, Jarak antar huruf tidak konsisten, huruf besar dan kecil ditulis secara bercampuran, Siswa dalam menulis tulisan hurufnya terbalik seperti b ditulis d, y ditulis j, m ditulis n, belum bisa mengenal dan membedakan angka-angka, kesulitan dalam membedakan simbol-simbol matematika (+,-,x,:), dan Siswa masih kesulitan dengan soal hitung-hitungan. (3) upaya yang dilakukan guru kelas III dalam mengatasi kesulitan calistung adalah dengan memberikan les tambahan, pemberian reward, dan memberikan buku-buku mengeja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kesulitan Belajar Calistung.
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:26
Last Modified: 07 Dec 2021 01:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6039

Actions (login required)

View Item View Item