Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android E-Social Learning pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas.IX di MTs.NU Hasyim.Asy`ari.2.Kudus.Tahun.Pelajaran 2020/2021

Farohi, Ahmad (2021) Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android E-Social Learning pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas.IX di MTs.NU Hasyim.Asy`ari.2.Kudus.Tahun.Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (736kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (800kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (522kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (712kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang monoton seperti banyak menghafal sehingga menimbulkan efek bosan dalam belajar. Apalagi disaat pembelajaran secara daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android E-Social Learning pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX di MTs NU Hasyim Asy`ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 (2) Respon Guru dan Peserta Didik pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX melaui Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android E-Social Learning Di MTs NU Hasyim Asy`Ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 (3) Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android E-Social Learning pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX di MTs NU Hasyim Asy`ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Kemudian semua data dikumpulkan dan selanjutnya dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Aplikasi Android E-Social Learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX di MTs NU Hasyim Asy`ari 2 Kudus di implementasikan sebagai media pembelajaran untuk menumbuhkan minat dan semangat belajar peserta didik dan mengatasi bosan dalam belajar, terlebih pada pembelajaran daring masa pandemi Covid-19. Aplikasi E-Social Learning dapat diterapkan dengan sistem sif (tatap muka) atau daring. (2) Respon guru dan peserta didik menunjukkan respon yang baik, guru merasa dimudahkan, apalagi ketika pembelajaran daring guru sangat terbantukan. Peserta didik merasa senang dan antusias dengan digunakannya aplikasi E-Social Learning, karena dengan tampilan yang menarik dengan beberapa fitur di dalamnya. (3) Faktor pendukung yaitu adanya jaringan internet (WiFi) di madrasah, kepunyaan smartphone Android baik guru dan peserta didik, aplikasi E-Social Learning yang bisa digunakan dimana dan kapan saja, pengetahuan guru dan juga peserta didik tentang teknologi Android.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Android E-Social Learning, IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Dec 2021 02:36
Last Modified: 08 Dec 2021 02:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6063

Actions (login required)

View Item View Item