Analisis Strategi Pemasaran Syariah Terhadap Pengembangan Usaha Pada Konveksi Fadillah Di Desa Padurenan Kudus

Munawaroh, Hidayatul (2021) Analisis Strategi Pemasaran Syariah Terhadap Pengembangan Usaha Pada Konveksi Fadillah Di Desa Padurenan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (853kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (708kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (376kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (621kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pemasaran syariah di konveksi Fadillah Desa Padurenan dan menjelaskan pratek pemasaran berdasarkan kesesuaian strategi pemasaran syariah dalam pengembangan usaha di konveksi Fadillah. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan perpanjangan penelitian, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member check. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis kualitatif dengan collecting data, reduction data, display data, conclusion. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: bahwa konveksi Fadillah telah menerapkan strategi pemasaran syariah. Strategi pemasaran yang digunakan sudah sesuai prinsip dasar syariah berdasarkan Al Quran dan hadits. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa konveksi Fadillah telah mencontoh praktek pemasaran Nabi Muhammad SAW mulai dari segmentasi dan targeting, positioning, sampai bauran pemasaran (marketing mix). Konveksi Fadillah telah menerapkan empat karakteristik marketing syariah yaitu, Teitis atau Ketuhanan (Rabbaniyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqi’iyyah), dan Humanitis (Al-Insaniyyah). Berdasarkan kegiatan pemasaran, pemilik juga menerapkan empat sifat-sifat Nabi Muhammad SAW yang menjadi kunci sukses dalam berbisnis, yaitu shiddiq (jujur dan benar), amanah (dapat dipercaya), fathanah (cerdas dan bijaksana), tabligh, dan komunikatif. Hal tersebut sangat penting sekali terhadap pengembangan usahanya karena sistem pemasarannya mampu menciptakan kebahagiaan, maslahah dan berkah dalam kehidupan konsumen baik di dunia maupun akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Syariah dan Pengembangan Usaha
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Dec 2021 07:55
Last Modified: 15 Dec 2021 07:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6135

Actions (login required)

View Item View Item