Yusuf, Tubagus Muhammad (2021) Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Prespektif Ahmad Tafsir dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam di Indonesia (Telaah Pemikiran Prof. Dr. Ahmad Tafsir dalam Buku Filsafat Pendidikan Islami). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (284kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (124kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (266kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (418kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (184kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (577kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (201kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
Abstract
Penilitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui konsep kurikulum pendidikan Islam menurut Ahmad Tafsir dalam buku “Filsafat Pendidikan Islami” 2) Untuk mengetahui relevansi konsep kurikulum pendidikan Islam menurut Prof. Dr. Ahmad Tafsir dalam pemdidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research). Sumber utamanya berupa naskah, dokumen serta buku-buku yang berkaitan dengan pokok permasalahan yaitu pertama, konsep kurikulum pendidikan Islam menurut Prof. Dr. Ahmad Tafsir dalam buku “Filsafat Pendidikan Islami”. kedua, relevansi konsep kurikulum pendidikan Islam perspektif Ahmad Tafsir dengan Pendidikan Islam di Indonesia. Di mana penulis membacanya dan menelaahnya dari buku-buku bacaan, majalah, surat kabar dan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan skripsi ini. Dalam penelitian diketahui bahwa tela’ah buku mengenai kurikulum pendidikan Islam ini menunjukkan perilaku manusia terhadap Tuhan serta mampu menjadi manusia yang mampu memanusiakan manusia. Beberapa konsep kurikulum pendidikan Islam yang terkandung dalam buku ini juga relavan dengan pendidikan Islam yang ada di Indonesia. Karena sama-sama memiliki tujuan yaitu mampu menciptakan muslim yang sempurna, atau manusia yang takwa, atau manusia beriman, atau manusia yang beribadah kepada Allah dan muslim yang sempurna itu ialah manusia yang memiliki tiga pilar dalam isi semua kurikulum yaitu akhlak, ilmu, keterampilan atau seni. Akhlak (iman) menjadi core.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Pendidikan Islam, Pendidikan Islam di Indonesia, Akhlak, Memanusiakan Manusia, Ahmad Tafsir. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 07:37 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 07:37 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6176 |
Actions (login required)
View Item |