Maghfiroh, Fitria Lailatul (2021) Analisis Buku Pendidikan Akhlak Anak Usia Sekolah Dasar Menurut K. H. Bisri Mustofa dalam Kitab Ngudi Susila Saka Pitedah Kanthi Terwela. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (426kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (278kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (379kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (622kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (424kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (629kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (437kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
Abstract
penelitian ini merupakan studi pustaka, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan penyajian dalam kitab ngudi susila saka pitedah kanti terwela. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, pada penelitian ini adalah data yang terdapat pada kitab syi’ir ngudi susila saka pitedah kanthi terwela. Selanjutnya penelitian ini menggunakan teknik analisis berupa analisis isi. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Sistematika penyajian buku pendidikan akhlak anak usia sekolah dasar menurut K. H. Bisri Mustofa dalam kitab syi’ir ngudi susila saka pitedah kanthi terwela belum memenuhi aspek dalam penilaian kelayakan penyajian. Namun, dalam hal keakuratan materi kitab ini sudah memuat materi-materi yang cukup baik., sehingga buku tersebut layak digunakan sebagai buku pegangan bagi siswa maupun guru dalam proses pembelajaran. (2) Keruntutan penyajian buku pendidikan akhlak anak usia sekolah dasar menurut K. H. Bisri Mustofa dalam kitab syi’ir ngudi susila saka pitedah kanthi terwela sudah memenuhi aspek dalam penilaian kelayakan penyajian. Dibuktikan dengan alur atau jalan untuk menyatakan kebenaran suatu proporsisi, sehingga buku tersebut layak digunakan sebagai buku pegangan bagi siswa maupun guru dalam proses pembelajaran. (3) Keseimbangan antar bab dalam buku pendidikan akhlak anak usia sekolah dasar menurut K. H. Bisri Mustofa dalam kitab syi’ir ngudi susila saka pitedah kanthi terwela kurang memenuhi aspek dalam penilaian kelayakan penyajian. Dibuktikan dengan tidak disebutkan pasti dihalaman sekian. (4) Buku Pendidikan Akhlak Anak Usia Sekolah Dasar Menurut K. H. Bisri Mustofa dalam Kitab Syi’ir Ngudi Susila Saka Pitedah Kanti Terwela secara rinci belum memenuhi komponen-komponen penyajian pembelajaran dalam penilaian kelayakan penyajian. Hal ini ditandai dengan adanya kegiatan yang melibatkan siswa, seperti berpusat pada siswa, mengembangkan keterampilan proses, memperhatikan aspek keselamatan kerja yang mencakup (observasi, investigasi, eksplorasi, dan inkuiri), masalah kontekstual, menumbuhkan berpikir kritis, kreatif, atau inovatif, memuat Hands- on activity, dan variasi penyajian. Tetapi secara aplikasinya sudah cukup memenuhi. Sehingga buku tersebut layak digunakan sebagai buku pegangan bagi siswa maupun guru, tetapi dengan kesepakatan lembaga yang akan menggunakannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Buku , Kelayakan Penyajian |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 02:01 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 02:01 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6187 |
Actions (login required)
View Item |