Ruhah, Naily (2016) PENERAPAN MODEL INOVATIF CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN QAWAID NAHWU DI MA DARUL ULUM KUDUS DI KELAS X.A TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (5MB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. bab 1.pdf Download (8MB) |
|
Text
5. Bab 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. bab 3.pdf Download (10MB) |
|
Text
7 Bab 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. bab 5.pdf Download (5MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Bahasa Arab adalah salah satu mata pelajaran yang harus ada didalam sekolah islamiyyah dan pembelajaran bahasa asing, hususnya pembelajaran bahasa arab di MA Darul Ulum. Adapun model pembelajaran CORE merupakan salah satu model yang sesuai bagi siswa Madrasah Aliyah. Karena belajar dengan menggunakan kegiatan dan melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran akan menghasilkan pembelajaran yang asik, menyenangkan dan tidak membosankan dan memungkinkan siswa untuk memahami materi pelajaran dengan mudah. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini membahas tentang penerapan model inovatif type CORE. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field Research dan menggunakan pendekatan Kualitatif Research. Peneliti mengumpulkan data didalam penelitian ini dengan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari skripsi ini adalah keefektifitasan penggunaan model inovasi CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) untuk meningkatkan pemahaman qawaid nahwu dapat dilihat dari nilai siswa sebelum menggunakan model inovativ CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dengan nilai rata-rata 77,96. Dan setelah menggunakan model inovatif CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dengan nilai rata-rata 85,53. Dan siswa melebihi batas nilai KKM. Dan hasilnya penerapan model inovatif CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) untuk meningkatkan pemahaman qawaid nahwu kelas X.A di Madrasah Aliyah Darul Ulum Kudus “Efektif”. Adapun faktor pendukung dari penerapan model inovatif CORE adalah guru yang pandai dan semangat dalam mengajar qawaid, dan murid yang aktiv dan sangat memperhatikan keterangan dari guru. Dan media yang cukup. Faktor penghambatnya adalah kelas yang ramai, latar belakang perhatian dan motivasi siswa berbeda, tingkat kecerdasan siswa yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Inovatif CORE; Pembelajaran Bahasa Arab; Qawaid Nahwu |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Feb 2017 03:14 |
Last Modified: | 18 Feb 2017 03:14 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/620 |
Actions (login required)
View Item |