Hidayah, Etika Nurul (2021) Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di MTs Madarijul Huda Kembang Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
Cover.pdf Download (693kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (248kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (262kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (325kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (442kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (344kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (375kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (268kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penerapan pembealajaran Daring dimasa pandemi untuk mengurangi mata rantai penularan Covid-19. Dalam masa pandemi Covid-19 semua sekolah baik swasta maupun negeri, baik naungan dinas maupun kemenag harus melaksanakan pembealajaran Daring selama masa pandemi Covid-19, salah satunya adalah MTs Madarijul Huda Kembang yang menerapkan pembelajaran Daring dimasa pandemi Covid-19. Dalam pelaksanaan pembelajaran Daring orang tua menjadi faktor yang sangat menentukan, karena pembelajaran dilakukan di rumah, dengan pengawasan penuh oleh orang tua. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran orang tua terhadap anak dalam pembelajaran Daring di rumah. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di MTs Madarijul Huda. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan tentang: (1) Peran orang tua terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19. (2) Fakor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19. Dalam memperoleh data yang akurat dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran orang tua terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Daring dimasa pandemi Covid-19 sangat berpengaruh kepada anak. Dalam pelaksanaan pembelajaran Daring orang tua beperan sebagai motivator, panutan, guru atau pembimbing, dan membuat suasana nyaman bagi anak. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran Daring adalah semua siswa sudah memiliki smartphone android dan kuota internet, semua siswa sudah bisa mengoperasionalkan smartphone android dan aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran Daring, dan tersedianya bahan ajar baik dari buku maupun dari internet. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Daring adalah penyampaian materi yang kurang maksimal, kondisi sinyal yang terkadang lemah (Trobel), dan terbatasnya kemampuan IT orang tua untuk membantu anak dalam pembelajaran Daring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perang Orang Tua,, Pembelajaran Daring |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 03:16 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 03:16 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6248 |
Actions (login required)
View Item |