ANALISIS PERAN FAKTOR PSIKOGRAFIS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK (STUDI KOMPARASI RITEL MODERN DAN PASAR TRADISIONAL DI DESA GONDOSARI GEBOG KUDUS)

FADLILLAH IZZAH DINIELLAH, ROKHMI (2016) ANALISIS PERAN FAKTOR PSIKOGRAFIS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK (STUDI KOMPARASI RITEL MODERN DAN PASAR TRADISIONAL DI DESA GONDOSARI GEBOG KUDUS). Undergraduate thesis, stain kudus.

[img] Text
File 01.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 02.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 03.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 04.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 05.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File 06.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 07.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 08.pdf

Download (313kB)
[img] Text
File 09.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui psikografis konsumen dalam melakukan keputusan pembelian pada pasar tradisional, 2) Untuk mengetahui peran psikografis konsumen dalam melakukan keputusan pembelian pada ritel modern, 3) Untuk mengetahui perbandingan antara peran psikografis konsumen dalam melakukan keputusan pemebelian pada pasar tradisional dan ritel modern di Desa gebog kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research, pendekatan kualitatif, sumber data primer dan sekunder serta menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan objek penelitian di masyarakat Desa Gebog Kecamatan Gebog Kabupaten. Hasil penelitian temuan ini adalah: 1) Peran psikografis konsumen meliputi tiga aspek yaitu kegiatan (activities) pembelian di pasar pabrik Sukun karena lokasinya yang mudah dijangkau tanpa mengelurkan biaya yang banyak, produknya cukup memenuhi kebutuhan keluarga, aspek kedua adalah minat (interest) untuk melakukan pembelian ulang di pasar pabrik Sukun Gebog Kudus, dan pendapat (opinion) bahwa pasar pabrik Sukun mampu memenuhi kebutuhan konsumen. 2) Peran psikografis konsumen dalam melakukan keputusan pembelian pada Indomaret Tugu Gebog Kudus meliputi tiga aspek yaitu kegiatan (activities) pembelian karena terletak ditepi jalan raya yang mudah dilihat oleh konsumen serta kenyamanan yang tertata rapi, aspek kedua adalah minat (interest) untuk melakukan pembelian ulang di Indomaret Tugu Gebog Kudus adanya diskon dan promo, dan pendapat (opinion) bahwa Indomaret merupakan tempat yang sesuai untuk membeli barang kebutuhan. 3) Perbandingan peran psikografis konsumen adalah pada beberapa aspek berikut, kegiatan (activities), kegiatan pembelian pada pasar pabrik Sukun Gebog Kudus banyak dilakukan oleh segmen usia dewasa yang berasal dari kalangan menengah ke bawah, sedangkan kegiatan pembelian pada Indomaret banyak dilakukan oleh segmen usia remaja. Minat (Interest), konsumen berminat melakukan pembelian pada pasar pabrik Sukun Gebog Kudus karena lokasinya yang strategis, konsumen berminat melakukan pembelian pada Indomaret karena dekat dengan jalan raya dan mudah dijangkau oleh konsumen. Pendapat (Opinion), konsumen pasar pabrik Sukun berpendapat bahwa suasana kurang nyaman, gerah, kebersihan kurang dijaga, harga mudah ditawar, harga terjangkau oleh konsumen, pelayanan yang diberikan adalah cukup ramah. Sedangkan konsumen Indomaret berpendapat bahwa secara umum ruangan ritel modern sangat bersih dan ber-AC, kebersihan sangatlah diutamakan, terdapat beberapa macam produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Psikografis Konsumen; Keputusan Pembelian Produk; Ritel modern dan Pasar Tradisional
Subjects: Sosial > Sosiologi dan Antropologi
Sosial > Ilmu Ekonomi > Produksi dan Industri
Sosial > Ilmu Ekonomi > Ekonomi Makro
Divisions: Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2017 03:24
Last Modified: 18 Feb 2017 03:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item View Item