Studi Analisis Pengaruh Penerapan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Kelompok Usia 5-6 Tahun di Masa Pandemi pada Siswa PAUD Melati Honggosoco Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Zulfah, Aulia Dzakia (2021) Studi Analisis Pengaruh Penerapan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Kelompok Usia 5-6 Tahun di Masa Pandemi pada Siswa PAUD Melati Honggosoco Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (348kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (580kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (820kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (821kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (478kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB)

Abstract

Media flashcard merupakan media yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak. Berbahasa pada anak usia dini harus dikembangkan secara optimal agar anak mampu mengekspresikan pemikirannya dengan kata-kata yang tepat. Berdasarkan interviu yang dilakukan peneliti pada pendidik di PAUD Melati Honggosoco Jekulo Kudus bahwa selama ini anak dalam berkemampuan berbahasa kelompok 5-6 tahun di PAUD Melati Honggosoco Jekulo Kudus sangat kurang, keadaan ini bisa dilihat karena kurangnya keterampilan peserta didik untuk mengungkapkan sesuatu kata dan kalimat dengan lancar dan benar. Maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut guru akan menerapkan media flashcard bersama peneliti agar kemampuan dalam berbahasa dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan berbahasa kelompok usia 5-6 tahun di masa pandemi pada siswa PAUD Melati Honggosoco Jekulo Kudus tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan menggunakan rancangan jenis Posttest-Only Control Design. Menggunakan metode eksperimen ini karena masih masa pandemi. Jumlah anak dalam penelitian ini adalah 24 anak terdiri kelas Sakura 1 sejumlah 12 anak sebagai kelas eksperimen dan kelas Sakura 2 sejumlah 12 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini bersifat kolaboratif karena penelitian bekerja sama dengan guru kelas dalam melaksanakan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif kuantitatif engan uji t atau t-test. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapkan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan berbahasa kelompok usia 5-6 tahun di masa pandemi pada siswa PAUD Melati Honggosoco Jekulo Kudus. Hal ini dapat dibuktikan bahwa media flashcard berpengaruh terhadap peningkatkan kemampuan berbahasa Anak Usia 5- 6 Tahun di PAUD, diperoleh thitung = 14,714 lebih besar dari 2,22814 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan berbahasa kelompok usia 5-6 di masa pandemi pada PAUD Melati Honggosoco Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Flashcard, Kemampuan Berbahasa dan Metode Eksperimen
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Dec 2021 03:27
Last Modified: 29 Dec 2021 03:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6270

Actions (login required)

View Item View Item