Implementasi Metode Daring untuk Pembelajaran Anak Usia Dini melalui Whatsapp atau Youtube (Studi Kasus Kelas B Di TK IT Umar Bin Khathab Kudus) Tahun Pelajaran 2020/2021

Rahmawati, Dhumirroh (2021) Implementasi Metode Daring untuk Pembelajaran Anak Usia Dini melalui Whatsapp atau Youtube (Studi Kasus Kelas B Di TK IT Umar Bin Khathab Kudus) Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (671kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (361kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (685kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui pengimplementasian metode daring untuk pembelajaran anak usia dini melalui Whatsapp atau Youtube (Studi Kasus Kelas B Di TK IT Umar Bin Khathab Kudus) Tahun Pelajaran 2020/2021. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan deskripsi yang mendalam tentang hambatan dan dukungan dalam mengimplementasikan metode daring untuk pembelajaran anak usia dini melalui Whatsapp atau Youtube (Studi Kasus Kelas B Di TK IT Umar Bin Khathab Kudus). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dengan jenis studi kasus dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yakni penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah dan peneliti menjadi instrumen kunci. Subyek penelitian adalah 5 wali murid serta wali kelas B2 TK IT Umar Bin Khathab Kudus. Data-data tetang implementasi metode daring untuk pembelajaran anak usia dini melalui Whatsapp atau Youtube Di TK IT Umar Bin Khathab Kudus dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam secara terstruktur, observasi partisipaif dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul kemudian peneliti melakukan pengujian keabsahan data dengan uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas), dan confirmability (obyektivitas). Adapun teknik analisis datanya adalah dengan mereduksi data, menyajikan data dan verivication atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan metode daring tersebut digunakan untuk mempermudah selama penerapan metode daring dalam penyampaian materi. Selain itu, dapat merangsang kreatifitas, minat dan motivasi guru. Selain itu melalui WhatsApp dan YouTube, pengetahuan siswa, orang tua serta guru dalam penyusunan bahan ajar, pemilihan materi, cara penyampaian guru mengalami kemajuan. Menggunakan video dari Youtube sebagai media secara tidak langsung meningkatkan minat belajar diantara mereka, dalam hal pencarian ide dan materi sehingga siswa tidak merasa bosan dan orang tua merasa terbantu ketika mendampingi anaknya selama pembelajaran dilakukan secara daring. Dalam penerapan metode daring ada hambatan yang dialamai oleh guru maupun orang tua, seperti tidak stabilnya jaringan, kesibukan orang tua dan suasana hati anak yang selalu berubah-ubah. Akan tetapi semua permasalahan tersebut dapat dikondisikan dan dapat diatasi dengan adanya fasilitas-fasilitas yang disediakan sekolah. Misalnya, fasilitas Wi-Fi, fasilitas home visit, guru bantu dan alat serta bahan belajar yang disediakan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode daring, Pembelajaran Anak Usia Dini, WhatsApp, YouTube
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:06
Last Modified: 05 Jan 2022 03:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6316

Actions (login required)

View Item View Item