Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Education For Sustainable Development Pada Materi Ekosistem Untuk Menumbuhkan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik SMP/MTs

Kurniasari, Desy (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Education For Sustainable Development Pada Materi Ekosistem Untuk Menumbuhkan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (487kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (712kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (503kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (511kB)

Abstract

Pembelajaran IPA akan menjadi lebih bermakna jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari seperti permasalahan kondisi lingkungan hidup saat ini. Dalam proses pembelajaran IPA, keterampilan argumentasi sangat diperlukan peserta didik untuk menghubungkan antar fakta, konsep dan prinsip IPA dalam menjelaskan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, keterampilan argumentasi juga diperlukan untuk melatih peserta didik berpikir logis, kritis, serta memiliki penjelasan yang rasional dari hal-hal yang dipelajari. Keterampilan argumentasi dapat ditumbuhkan dan dilatih melalui permasalahan dalam kehidupan sehari-hari seperti permasalahan pada lingkungan, sosial dan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik digital berbasis education for sustainable development untuk menumbuhkan keterampilan argumentasi peserta didik SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan prosedur R&D yang meliputi tahap define, design dan develop. Desain pre-eksperimental designs yaitu One-Group Pretest-Posttest design digunakan pada tahap develop untuk mengetahui pertumbuhan keterampilan argumentasi peserta didik. Data dikumpulkan melalui teknik tes (keterampilan argumentasi) dan non-tes (angket kelayakan lembar kerja oleh ahli; angket kualitas LKPD digital oleh kelompok kecil dan kelompok kelas sebagai respon pengguna; angket tanggapan implementasi terhadap proyek; dan lembar keterlaksanaan kegiatan uji coba). Subjek uji coba dilakukan oleh 20 peserta didik kelas VII MTs NU Raudlatul Muallimin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) LKPD digital telah memenuhi syarat kelayakan secara didaktik, konstruksi, dan teknis. Secara umum LKPD digital yang dikembangkan memperoleh penilaian sangat baik; (2) lembar kerja digital yang digunakan mengalami pertumbuhan keterampilan argumentasi, sedangkan dari hasil analisis dari lembar pre-test dan post test baik pada tipe soal 1 dan tipe soal 2 secara umum mengalami kenaikan level argumentasi, artinya bahwa LKPD digital berbasis Education for sustainable development pada materi ekosistem dapat menumbuhkan keterampilan argumentasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD digital, Education For Sustainable Development, Keterampilan Argumentasi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:24
Last Modified: 05 Jan 2022 03:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6323

Actions (login required)

View Item View Item