Tari, Selviana (2021) Studi Komparasi Pengaruh Online Rating dan Online Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Marketplace (Shopee dan Tokopedia). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Judul - Kata Pengantar.pdf Download (862kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (139kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (154kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (331kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (571kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (456kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (931kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (144kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (147kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh online rating dan online review terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah marketplace Shopee dan Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu kuesioner online dengan google form yang disebar kepada mahasiswa aktif program studi Manajemen Bisnis Syariah IAIN Kudus melalui media sosial. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling karena populasi mempunyai anggota atau unsur yang tidak homogen atau berstrata secara proporsional. Hasil penelitian ini menunjukkan secara signifikan terdapat pengaruh positif online rating (X1) dan online review (X2) dengan keputusan pembelian konsumen pada marketplace shopee dan marketplace Tokopedia. Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik pada marketplace Shopee, online rating diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,987 > 1,988) yang berarti terdapat pengaruh signifikan online rating terhadap keputusan pembelian konsumen dan pada variabel online review diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5,335 > 1,988) yang berarti terdapat pengaruh signifikan online review terhadap keputusan pembelian konsumen. Pada marketplace Tokopedia variabel online rating diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel (3,949 > 1,988) yang berarti terdapat pengaruh online rating terhadap keputusan pembelian konsumen dan pada variabel online review diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5,925 > 1,988) yang berarti terdapat pengaruh signifikan online review terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil pengolahan data pada marketplace Shopee diperoleh nilai F hitung 30,567 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 karena F hitung lebih besar dari F tabel ((30,567 > 3,10)), maka terdapat pengaruh secara signifikan online rating dan online review terhadap keputusan pembelian konsumen. Pada marketplace Tokopedia diperoleh nilai F hitung 28,294 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 karena F hitung lebih besar dari F tabel (28,294 > 3,10), maka terdapat pengaruh secara secara bersama-sama online rating dan online review terhadap keputusan pembelian konsumen. Kemudian dilihat dari nilai R Square pada marketplace Shopee sebesar 0.416 yang berarti 41,6% variabel keputusan pembelian (Y) dapat dijelaskan variabel independen yaitu online rating (X1) dan online review (X2). Nilai R Square pada marketplace Tokopedia sebesar 0.397 yang berarti 39,7% variabel keputusan pembelian (Y) dapat dijelaskan variabel independen yaitu online rating (X1) dan online review (X2). Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh online rating terhadap keputusan pembelian konsumen pada marketplace Shopee dan marketplace Tokopedia. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji beda t dalam equal variance assumed t hitung < t tabel (0,940 < 1,988) dengan signifikansi 0,349 > 0,05 maka tidak terdapat perbedaan antara online rating pada marketplace Shopee dan Tokopedia. Hasil uji beda t dalam equal variance assumed t hitung > t tabel (-23,960 > 1,988) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan antara online review pada marketplace Shopee dan Tokopedia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online Rating, Online Review |
Subjects: | 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 01:57 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 01:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6439 |
Actions (login required)
View Item |