Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Akhlak Terpuji Siswa Pada Mata Pelajaran Aklak Salaf Kelas IV Di SD Unggulan Muslimat Kudus

Rahmawati, Siti (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Akhlak Terpuji Siswa Pada Mata Pelajaran Aklak Salaf Kelas IV Di SD Unggulan Muslimat Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (629kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (671kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (810kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (728kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (892kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (364kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Akhlak Terpuji Siswa Pada Mata Pelajaran Aklak Salaf Kelas IV Di SD Unggulan Muslimat Kudus, dan mengetahui Pengaruh yang signifikan pada Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Akhlak Terpuji Siswa Pada Mata Pelajaran Aklak Salaf Kelas IV Di SD Unggulan Muslimat Kudus. Karna Mengingat dan melihat berbagai masalah tentang sikap akhlak siswa yang semakin tahun semakin buruk dalam etika sopan santun dan cara pemakaian bahasa dalam sehari-hari. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) yang mengunaan metode kolerasi, kemudian data yang telah terkumpul akan diadakan penganalisaan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui teknik angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di SD Unggulan Muslimat NU Kudus, yakni pada ruang lingkup kelas IV. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas IV, kemudian diambil sampel 105 dengan menggunakan teknik Probability Sampling. Dalam analisis ini peneliti menggunakan program SPSS dengan analisis regresi sederhana uji t.Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu korelasi sederhana Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1. Berdasarkan hasil pengujian statistik model pembelajaran contextual teaching learning (CTL) pada mata pelajaran Akhlak Salaf Kelas IV di SD Unggulan Muslimat NU Kudus, Ho ditolak dan Ha diterima artinya secara parsial model pembelajaran contextual teaching learning (CTL) pada mata pelajaran Akhlak Salaf Kelas IV di SD Unggulan Muslimat NU Kudus dapat diterima. Dengan mendapatkan nilai t hitung 10,577 dengan nilai t tabel 1,660 dan nilai p value (sig) 0,000 yang berada dibawah 0,05 (tingkat signifikan). Ini berarti t hitung lebih besar dari t table (10,577>1,660). 2. Berdasarkan hasil perhitungan uji simultan (uji F) diperoleh nilai koefisien F sebesar 7,103 pada taraf signifikansi 0,009 berdasarkan perhitungan tersebut, maka hipotesis berbunyi bahwa model pembelajaran contextual teaching learning (CTL) terhadap peningkatkan akhlak terpuji siswa pada mata pelajaran Akhlak Salaf Kelas IV di SD Unggulan Muslimat NU Kudus dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL), Akhlak Terpuji
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:55
Last Modified: 17 Jan 2022 03:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6457

Actions (login required)

View Item View Item