Problematika Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK NU Ma’arif 3 Desa Golantepus Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus

Azis, Ibnu (2021) Problematika Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK NU Ma’arif 3 Desa Golantepus Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (583kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (313kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (751kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)

Abstract

Latar belakag dari penelitian ini adalah solusi pembelajaran daring masa pandemi mengalami beberapa problem dalam pelaksanaannya dan disini peneliti ingin meneliti tentang masalah masalah apa saja yang terjadi saat berlangsungnya pembelajaran daring di SMK Ma’arif 3 Kudus, Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran PAI di SMK NU Ma’arif 3 Kudus. 2) Agar dapat data tentang problematika pembelajaran daring mata pelajaran PAI di SMK NU Ma’arif 3 Kudus. 3) Sebagai sarana untuk menentukan solusi alternatif yang dilakukan saat terjadi problem dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara dari kepala sekolah, guru PAI, siswa kelas X dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran PAI dibagi kedalam tiga tahap yaitu : 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan dan 3) Evaluasi. Kedua, Problematika pembelajaran daring mata pelajaran PAI yang dialami oleh pihak SMK NU Ma’arif 3 Kudus adalah : 1) Masalah kompetensi guru 2) Masalah perbedaan tingkat pemahaman siswa di dalam menerima pelajaran PAI 3) Masalah Jaringan internet yang kadang mengalami susah sinyal 4) Masalah kedisiplinan siswa saat pelaksanaan pembelajaran daring. Tiga, Solusi alternatif bagi permasalahan pembelajaran daring mata pelajaran PAI di SMK NU Ma’arif 3 Kudus adalah : 1) Melakukan pelatihan kompetensi guru dalam penggunaan media pembelajaran 2) mengetahui serta memahami karakter belajar siswa yang berbeda beda 3) Sekolah menyediakan kuota gratis kepada siswa dan juga menyediakan akses wifi gratis di sekolahan bagi siswa terkendala sinyal 4) Selalu memotivasi serta memperingatkan kepada siswa agar disiplin saat pelaksanaan pembelajaran daring berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Mata Pelajaran PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:09
Last Modified: 28 Jan 2022 02:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6591

Actions (login required)

View Item View Item