Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mempertahankan Prestasi Sekolah Dengan Menumbuhkan Semangat Berorganisasi Peserta Didik Di MTs NU TBS Kudus Pada Masa Pandemi Covid 19

Zainuddin, Mohammad (2022) Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mempertahankan Prestasi Sekolah Dengan Menumbuhkan Semangat Berorganisasi Peserta Didik Di MTs NU TBS Kudus Pada Masa Pandemi Covid 19. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (480kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (724kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (432kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (553kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (367kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi kepemimpinan kepala madrasah menjaga prestasi sekolah di MTs NU TBS Kudus pada masa pandemi covid 19. 2) aUntuk mengetahui peran kepemimpinan kepala madrasah dalam menumbuhkan semangat para siswa MTs NU TBS Kudus untuk tetap aktif berorganisasi dimasa pandemi covid 19. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah MTs NU TBS Kudus, Guru dan Siswa. Teknik pengambilan menggunakan teknik purposive sampling.. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Pada Saat Pandemi covid 19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat siswa tetap hadir dalam sekolah guna berlatih atau berdiskusi, Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Menjaga Prestasi Sekolah di MTs NU TBS Kudus Pada Masa Pandemi Covid-19 yaitu dengan cara memberi reward seperti nilai yang baik dan punishment seperti teguran agar para siswa lebih semangat berorganisasi. Kepala Madrasah juga memberdayakan tenaga kependidikan melalui kerja sama atau kooperatif, memberi kesempatan kepada para tenaga kependidikan untuk meningkatkan profesinya dan mendorong keterlibatan seluruh tenaga kependidikan dalam berbagai kegiatan yang menunjang program sekolah salah satunya dengan melatih dan memberi motivasi agar peserta didik lebih semangat lagi dalam berorganisasi guna mencapai prestasi yang membanggakan. Peran kepala madrasah memberi kontribusi yang sangat besar bagi para siswa yang mengikuti organisasi madrasah saat pandemi covid-19 dibuktikan dengan prestasi yang sangat memuaskan dengan hasil kemenangan dalam beberapa bidang organisasi madrasah. Seperti olimpiase sains, turnamen futsal, lomba rebana, lomba catur, lomba da’i dan lomba-lomba yang lainnya. Peran kepala MTs NU TBS Kudus dalam mengontrol, memberi kebijakan dan memberi motivasi agar semangat para siswa untuk aktif berorganisasi di masa pandemi covid-19. Dengan adanya kebijakan dari kepala MTs NU TBS Kudus yang mengharuskan kepada semua peserta didik untuk mengikuti minimal satu organisasi dan maksimal mengikuti dua organisasi. Dengan demikian peran sangat terlihat, karena dengan adanya kebijakan yang mewajibkan para siswa MTs NU TBS untuk mengikuti minimal satu organisasi di sekolah tersebut, maka para siswa juga akan aktif dalam berorganisasi, setelah aktif akhirnya para siswa bersemangat dalam mengikuti organisasi tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah, Prestasi Sekolah, Berorganisasi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:08
Last Modified: 17 Mar 2022 02:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6801

Actions (login required)

View Item View Item