Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di MTs Negeri 2 Kudus

Efendi, Muhammad (2022) Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di MTs Negeri 2 Kudus. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (551kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (504kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (689kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (413kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (624kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (374kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Meneliti pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah kepada guru dalam meningkatkan kempetensi professional guru, (2) Meneliti strategi kepala madrasah, sebagai bahan evaluasi dan acuan dalam menjalankan tugasnya sebagai supervisor akademik, khususnya dalam rangka meningkatkan kompetensi profesional guru, (3) meneliti dampak dari pelaksanaan supervisi oleh kepala madrasah. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan ditentukan melalui purposive sampling dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkannya, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah di MTs Negeri 2 Kudus dilakukan dengan cara pengawasan secara langsung yang dilakukan oleh kepala madrasah terhadap guru yang bersangkutan. Wujud konket dalam pelaksanaan tersebut ialah melakukan kegiatan pengawasan dengan cara kunjungan ke kelas yang bersangkutan dan pemanggilan secara individu terhadap guru yang ingin disupervisi. (2) Strategi yang dilakukan kepala MTs Negeri 2 Kudus dalam meningkatkan kompetensi profesional guru MTs Negeri 2 Kudus yaitu a) Dengan melakukan kunjungan kelas, b) Melakukan kunjungan observasi, c) mengadakan rapat, d) Mengadakan diklat serta pertemuan pribadi dengan guru. (3) Dampak supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus ditandai dengan a) Guru mampu menguasai materi mata pelajaran yang diampunya, b) Guru menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar, c) Guru mampu mengembangkan pembelajaran secara kreatif, d) Guru mampu melakukan tindakan reflektif, e) Guru mampu menguasai teknologi informasi dalam melakukan komunikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Kepala Madrasah, Kompetensi Profesional Guru.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:39
Last Modified: 17 Mar 2022 02:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6808

Actions (login required)

View Item View Item