Pengaruh Multimedia Articulate Storyline 3 terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X di MAN 1 Kudus

Sa’adah, Qorin Ferdiana (2022) Pengaruh Multimedia Articulate Storyline 3 terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X di MAN 1 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (392kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
04. BAB 1.pdf

Download (422kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (693kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (710kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (307kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kondisi kemandirian belajar siswa kelas X di MAN 1 Kudus sebelum menggunakan multimedia articulate storyline 3, 2) mengetahui penerapan multimedia articulate storyline 3 pada materi keanekaragaman hayati kelas X di MAN 1 Kudus, serta 3) untuk mengetahui pengaruh multimedia articulate storyline 3 terhadap kemandirian belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X di MAN 1 Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Data diperoleh dari kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa serta kelas IPA 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa di MAN 1 Kudus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket (kuesioner) dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan statistika melalui uji regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 15.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan pada analisis deskriptif, kondisi kemandirian belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum penerapan pembelajaran dengan multimedia articulate storyline 3 mayoritas siswa berada pada kategori mandiri. 2) Penerapan multimedia articulate storyline 3 memiliki respon baik dari siswa dengan kategori kuat dengan 73%. 3) Penggunaan multimedia articulate storyline 3 terhadap kemandirian belajar siswa memiliki pengaruh signifikan yang dapat dibuktikan dengan hasil uji regresi linier sederhana, bahwa Fhitung = 47,349 4,159 = Ftabel. Berdasarkan uji tersebut, dapat dinyatakan bahwa multimedia articulate storyline 3 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar siswa. Berdasarkan koefisien determinasi, diketahui bahwa besarnya pengaruh multimedia articulate storyline 3 terhadap kemandirian belajar siswa adalah sebesar 60,4%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Articulate Storyline 3, Kemandirian belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:03
Last Modified: 17 Mar 2022 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6814

Actions (login required)

View Item View Item