Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Pada Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Mabda’ul Huda Kedungkarang Wedung Demak

Salamah, Qurrotul Ainiyatus (2022) Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Pada Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Mabda’ul Huda Kedungkarang Wedung Demak. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (723kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (657kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)

Abstract

Dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Mabda'ul Huda Kedungkarang Wedung Demak, siswa terlihat kurang aktif dan prestasi belajar siswa kurang. Dikarenakan metode yang digunakan oleh guru adalah ceramah dan diskusi, akan tetapi belum memggunakan model pembelajaran Jigsaw. Dan berpengaruh pada aktivitas keaktifan belajar. Dalam kondisi diatas memotivasi peneliti untuk mencari solusi dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw. Model pembelajaran Jigsaw berpengaruh pada keaktifan dan prestasi belajar siswa, dengan Tujuan sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui prestasi siswa kelas VIII MTs Mabda’ul Huda Kedungkarang Wedung Demak saat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pelajaran Akidah Akhlak (2) Untuk mengetahui Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di MTs Mabda’ul Huda Kedungkarang Wedung Demak. (3) Untuk mengetahui hasil pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pelajaran Akidah Akhlak di MTs Mabda’ul Huda Kedungkarang Wedung Demak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik berupa tes dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkna adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang diperoleh melalui analisis statistik deskriptif yaitu, rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus I sebesar 71,6. Meskipaun pada pelaksanaan siklus I sudah cukup nampak namun masih banyak hal yang harus diperbaiki pada siklus I. Selanjutnya pada siklus II telah dilakukan perbaikan siklus I oleh peneliti terdapat peningkatan. pada pelaksanaan siklus II memperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 81 dengan kriteria prestasi belajar sanagat nampak. Terlihat sangat jelas pada siklus II mengalami peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di sekolah siswa kelas VIII MTs Mabda’ul Huda Kedungkarang Wedung Demak dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tindakan Kelas, Kooperatif Tipe Jigsaw, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2022 01:41
Last Modified: 21 Mar 2022 01:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6858

Actions (login required)

View Item View Item