Nafisah, Fiina Tsamrotun (2022) Pengaruh Penerapan Media Audio Visual Melalui Whatsapp Group dalam Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI An Nashriyah Rembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (797kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (273kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (231kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (346kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (519kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (380kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (380kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (696kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (213kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (281kB) |
Abstract
Penelitian ini mencoba meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam pembelajaran daring di tengah pandemi COVID-19. Namun pada realisasinya, pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits masih banyak ditemui bebagai hambatan oleh peserta didik, seperti kesulitan memahami materi, kesulitan membedakan hukum bacaan, bahkan kesulitan mempraktikkan hukum bacaan yang sesuai ilmu tajwid dengan baik dan benar. Salah satu strategi dalam menunjang berbagai hambatan tersebut yaitu dengan menerapkan media Audio Visual melalui Whatsapp Group dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan media audio visual melalui whatsapp group dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, serta untuk mengetahui pengaruh penerapan media audio visual melalui whatsapp group dalam pembelajaran daring terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun data yang digunakan yaitu dari hasil penelitian melalui penyebaran angket terhadap 69 responden yang terdiri dari peserta didik kelas IV A dan kelas IV B MI An Nashriyah Rembang. Alat analisis yang digunakan adalah korelasi pearson dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik normalitas dan homogenitas, serta uji t dan uji f. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Adanya penerapan media audio visual melalui whatsapp group dalam pembelajaran daring ini peserta didik dalam memahami materi serta dalam praktik membaca Al-Qur’an terlihat semakin mudah. 2) Tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits tergolong cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan jumlah frekuensi tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik yang didominasi pada kriteria C (interval 70-79) sebanyak 32 responden (46%), pada kriteria B (interval 80-89) sebanyak 27 responden (39%), serta pada kriteria D (interval 60-69) sebanyak 10 responden (15%). 3) Adanya pengaruh penggunaan media audio visual melalui whatsapp group dalam pembelajaran daring terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Hal ini dibuktikan dengan ketentuan uji regresi sederhana dengan uji t yang menyatakan jika nilai t hitung (9,271) lebih besar dari t tabel (1,980), serta nilai koefisien signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dinyatakan bahwa Ha pada pengujian ini diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual, Whatsapp, Pembelajaran Daring, Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 03:00 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 03:00 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6904 |
Actions (login required)
View Item |