Keteladanan Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Perspektif Syeikh Burhanuddin Al-Zarnuji (Telaah Kitab Ta’limul Muta’allim)

Rosyadi, Rohman (2022) Keteladanan Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Perspektif Syeikh Burhanuddin Al-Zarnuji (Telaah Kitab Ta’limul Muta’allim). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (418kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (652kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (755kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (439kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (436kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1). untuk mengetahui konsep keteladanan guru dalam membentuk karakter peserta didik perspektif Syekh Burhanuddin al-Zarnuji didalam kitab Ta’limul Muta’allim, 2). untuk mengetahui relevansi konsep keteladanan guru dalam membentuk karakter peserta didik perspektif Syekh Burhanuddin al-Zarnuji dengan pendidikan masa sekarang. Adapun jenis penelitian ini adalah Library Research dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu dengan cara menggambarkan atau menjelaskan isi teks didalam kitab Ta’limul Muta’allim karaya Syekh Burhanuddin al-Zarnuji, yang berhubungan dengan keteladanan guru dan karakter peserta didik. Sedangkan metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif, dengan menguraikan dan memberikan pemahaman dari data yang terkumpul, mengklasifikasi data, kemudian merumuskan kaedah-kaedah keteraturan tentang konsep atau metode-metode yang digunakan serta teks-teks yang perlu di deskripsikan. Data yang diperoleh melalui kitab Ta’limul Muta’allim Thariqat Ta’allum karya Syekh Burhanuddin al-Zarnuji yang di syarahi oleh Syekh Ibrahim Bin Ismail, cetakan Darul Ilmi, tanpa tahun, serta buku-buku dan jurnal ilmiah yang terkait dengan judul penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1. konsep keteladanan guru dalam membentuk karakter peserta didik perspektif Syekh Burhanuddin al-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim, dapat penulis klasifikasikan kedalam dua hal. Pertama, kriteria yang harus dipenuhi oleh guru, diantaranya; A‘lam (lebih alim), Wara, Dewasa, Berwibawa, Santun, Penyabar. Kedua, pembentukan karakter melalui beberapa metode, diantaranya; a. Metode kasih sayang dan Ilqa’ al-Nasihah (pemberian nasehat), b. Mudzakarah (saling mengingatkan), Munadzarah (saling mengadu pandangan), Mutharahah (diskusi), c. Metode pembentukan mental jiwa. 2. Relevansi konsep keteladanan guru dalam membentuk karakter peserta didik perspektif Syekh Burhanuddin al-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim, dapat dilihat dari, 1). Kebutuhan peserta didik terhadap sosok teladan. Peserta didik merupakan peniru handal yang mencerminkan perilaku gurunya, maka dari itu sangat dibutuhkan pribadi seorang guru yang berkarakter, sebagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh guru. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik dapat lebih mudah dalam mengetahui dan mencontoh sosok guru yang layak untuk dijadikan teladan, karena memiliki kepribadian, serta sifat-sifat yang layak untuk dicontoh oleh peserta didik. 2). Metode-metode pembentukan karakter peserta didik, masih cukup relevan jika diaplikasikan dalam pendidikan masa sekarang. Karena metode-metode tersebut dapat memunculkan interaksi dan timbal balik antara guru dengan peserta didik, sehingga dalam mentrasfer ilmu pengetahuan dan kepribadian guru dapat lebih mudah untuk diserap oleh peserta didik, yang kemudian dapat memunculkan kebiasaan-kebiasaan yang dapat berpengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik dikemudian hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keteladanan Guru, Karakter Peserta Didik, Al-Zarnuji, Ta’limul Muta’allim
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 May 2022 02:08
Last Modified: 11 May 2022 02:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6973

Actions (login required)

View Item View Item