Nikmah, Zaidatin (2022) Studi Komparatif Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Program Kelas dan Gaya Belajar di SMP 2 Jekulo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (393kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (858kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (720kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (613kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (267kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (384kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik program kelas unggulan dan peserta didik program kelas reguler di SMP 2 Jekulo, (2) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang mempunyai gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik di SMP 2 Jekulo, (3) interaksi antara program kelas (unggulan dan reguler) dan gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik) terkait kemampuan pemecahan masalah matematis di SMP 2 Jekulo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP 2 Jekulo, dengan pupolasi seluruh peserta didik kelas VII. Untuk pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, dari teknik tersebut di dapat kalas VII G sebagai kelas reguler dan kelas VII H sebagai kelas unggulan dengan masing-masing kelas berjumlah 32 peserta didik. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji statistik analisis varians dua jalur (two-ways ANOVA) dengan program SPSS 21.0. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik program kelas unggulan lebih tinggi dibandingkan program kelas reguler, (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik tidak memiliki perbedaan yang signifikan, (3) interaksi program kelas dengan gaya belajar tidak memiliki perbedaan yang signifikan terkait rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis. Sehingga, peserta didik program kelas unggulan baik yang memiliki gaya belajar visual, auditori, atau kinestetik rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematisnya lebih baik daripada program kelas reguler baik yang memiliki gaya belajar visual, auditori, atau kinestetik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Program Kelas, dan Gaya Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 May 2022 02:30 |
Last Modified: | 18 May 2022 02:30 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7012 |
Actions (login required)
View Item |