Studi Komparatif Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Program Kelas dan Gaya Belajar di SMP 2 Jekulo

Nikmah, Zaidatin (2022) Studi Komparatif Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Program Kelas dan Gaya Belajar di SMP 2 Jekulo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (858kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (720kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (613kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (267kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik program kelas unggulan dan peserta didik program kelas reguler di SMP 2 Jekulo, (2) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang mempunyai gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik di SMP 2 Jekulo, (3) interaksi antara program kelas (unggulan dan reguler) dan gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik) terkait kemampuan pemecahan masalah matematis di SMP 2 Jekulo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP 2 Jekulo, dengan pupolasi seluruh peserta didik kelas VII. Untuk pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, dari teknik tersebut di dapat kalas VII G sebagai kelas reguler dan kelas VII H sebagai kelas unggulan dengan masing-masing kelas berjumlah 32 peserta didik. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji statistik analisis varians dua jalur (two-ways ANOVA) dengan program SPSS 21.0. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik program kelas unggulan lebih tinggi dibandingkan program kelas reguler, (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik tidak memiliki perbedaan yang signifikan, (3) interaksi program kelas dengan gaya belajar tidak memiliki perbedaan yang signifikan terkait rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis. Sehingga, peserta didik program kelas unggulan baik yang memiliki gaya belajar visual, auditori, atau kinestetik rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematisnya lebih baik daripada program kelas reguler baik yang memiliki gaya belajar visual, auditori, atau kinestetik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Program Kelas, dan Gaya Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 May 2022 02:30
Last Modified: 18 May 2022 02:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7012

Actions (login required)

View Item View Item