Persiapan Guru Kelas dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Kelas I Madrasah Ibtidaiyyah Miftahul Huda di Masa Pandemi Covid-19

Nafiah, Larosa Ulin (2022) Persiapan Guru Kelas dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Kelas I Madrasah Ibtidaiyyah Miftahul Huda di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (337kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (549kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (585kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (644kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (361kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)

Abstract

Pembelajaran jarak jauh akibat pandemi covid-19 dan implementasi menjadi kurikulum 2013 menuntut persiapan guru kelas dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran tematik. Oleh karena itu ditawarkan pembentukan team work untuk membantu guru kelas dalam mempersiapkan pembelajaran serta mengatasi kendala yang terjadi selama pembelajaran berlangsung. Adapun tujuan pada penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui persiapan guru kelas dalam perencanaan, pelaksanaan, dan dan evaluasi pembelajaran tematik kelas I di Madrasah Ibtidaiyyah Miftahul Huda dimasa pandemi covid-19 2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru kelas dan solusi saat pembelajaran tematik kelas I di Madrasah Ibtidaiyyah Miftahul Huda dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini penelitian field research dengan pendekatan kualitatif pada kelas I Madrasah Ibtidaiyyah Miftahul Huda. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi terus terang, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Sumber data primernya adalah kepala madrasah, guru kelas I, Waka Kurikulum, dan anggota team work dan sumber sekundernya berupa dokumentasi terkait profil tentang Madrasah Ibtidaiyyah Miftahul Huda, Silabus Pembelajaran Tematik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan evaluasi pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan yang telah dibuat oleh guru kelas yang berupa RPP sebelum melaksanakan pembelajaran tematik sesuai dengan standar kurikulum 2013Evaluasi pembelajaran tematik sudah dilaksanakan tetapi guru hanya menekankan pada aspek pengetahuan, 2) kendala-kendala yang dihadapi guru kelas dalam menerapkan pembelajaran tematik selama masa pandemi covid-19 di MI Miftahul Huda meliputi; a) keterbatasan kuota dan jaringan internet untuk melaksakan pembelajaran daring, b) penyajian administrasi penilaian, dan c) kesulitan guru menyampaikan materi pembelajaran yang dikemas dalam bentuk tema. Adapun solusi dari kendala-kendala tersebut antara lain; a) penditribusian kuota bagi peserta didik dan guru, b) mulai diberlakukannya Pembelajaran Tatap Muka terbatas, c) selalu mengingatkan guru kelas untuk menuliskan hasil penilaian, dan d) menambah pengadaan buku yang masih terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persiapan Guru Kelas, Pembelajaran Tematik, Masa Pandemi Covid-19
Subjects: Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2022 02:16
Last Modified: 19 May 2022 02:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7021

Actions (login required)

View Item View Item