Penerapan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Di MI Masalikul Ulum Jontro Wedarijaksa Pati Tahun Pelajaran 2019/2020

Niswah, Jauharotun (2022) Penerapan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Di MI Masalikul Ulum Jontro Wedarijaksa Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (444kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (666kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (575kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (519kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (621kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang ada di MI Masalikul Ulum Jontro Wedarijaksa Pati. Dalam pelaksanaan pembelajaran Fiqih menunjukkan sebagian besar siswa tampak kurang berminat dan cenderung tidak aktif. Hal ini ditunjukkan oleh sikap yang kurang antusias ketika pelajaran berlangsung. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Di MI Masalikul Ulum Jontro dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat Penerapan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Di MI Masalikul Ulum Jontro Wedarijaksa Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran Fiqih, dan siswa kelas V. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan uji keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Selanjutnya untuk analisis data yaitu reduksi data, data display dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil belajar peserta didik sebelum memakai model Cooperative Script pada mata pelajaran Fiqih nilai rata-rata adalah 76,68. Hasilnya belum memuaskan atau kurang baik. Sedangkan hasil belajar peserta didik sesudah memakai model Cooperative Script mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 79,15. Faktor pendukung dari penerapan model Cooperative Script untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih yaitu pendidik, peserta didik, sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambat dari penerapan model Cooperative Script untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih adalah guru yang tidak professional, sarana dan prasarana yang tidak memadai, siswa yang tidak semangat dalam belajar serta lingkungan. Dari faktor pendukung dan faktor penghambat tersebut solusinya adalah dengan cara pendidik harus bisa menempatkan dan memposisikan siswa yang mempunyai ketrampilan yang sama, pastinya bisa membuat peserta didik mendapatkan perhatian khusus. Dalam mengatasinya mengelompokkan peserta didik yang mempunyai kemampuan tinggi dan kemampuan yang rendah. Memberikan pelatihan guru agar menjadi guru yang prefesional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Script, Hasil Belajar, Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2022 02:28
Last Modified: 19 May 2022 02:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7024

Actions (login required)

View Item View Item