Pengaruh Penggunaan Metode Alamiah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Keterampilan Berbicara Santri Pondok Pesantren Islam Al-Farisi Pare Kediri.

Arifin, Zaenal (2016) Pengaruh Penggunaan Metode Alamiah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Keterampilan Berbicara Santri Pondok Pesantren Islam Al-Farisi Pare Kediri. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3. Daftar isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan ketertarikan peneliti terhadap penggunaan metode alamiah dalam pembelajaran bahasa arab terhadap keterampilan berbicara santri ponpes Al-Farisi Kediri Jawa Timur. Dalam penggunaan metode ini, siswa tampak antusias dan semangat dalam mempelajari bahasa arab yang bagi sebagian orang dianggap suatu yang melelahkan serta tampak kemampuan santri dalam keterampilan berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode alamiah dalam pembelajaran bahasa arab yang diguakan ponpes Al-Farisi khususnya dalam kemampuan berbicara dan untuk mengetahuai pengaruh penggunaan metode alamiah terhadap kemampuan berbicara santri ponpesalfarisi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu metode yang berkaitan dengan angka dalam analisisnya. Objeck penelitian ini adalah santri ponpes Al-Farisi yang berjumlah ٤٩ santri dan santriwati. Yang dilakukan pada tanggal ١٣ juni – ١٣ juli ٢٠١٥. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi,dokumentasi dan angket . Adapun analisis data yaitu dengan uji asumsi,uji hipotesis dan analisis lanjutan yang membandingkan nilai r table dengan r hitung.Hasil penilitian ini adalah penggunaan metode alamiah di ponpes Al-Farisi terbilang cukup dan keterampilan berbicar santri ponpes Al-Farisi baik, dan ada pengaruh pengguaan metode alamiah dalam pembelajaran bahasa arab terhadap kemampuan berbicara santri ponpes al-farisi, Walaupun dalam penggunaannya ada kekurangan – kekurangan. Adapun kekurangan yang hendaknya dipenuhi atau dilaksanakan oleh guru adalah hendaknya guru selalu mengajak santri untuk berkomunikasi dengan bahasa arab walaupun di luar ponpok pesantren serta hendaknya memberikan kosakata yang sederhana yang ada di sekitar ponpok pesantren terlebih dahulu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Alamiah Dan Keterampilan Berbicara
Subjects: Bahasa
Bahasa > Linguistik Terapan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 19 Feb 2017 05:10
Last Modified: 19 Feb 2017 05:10
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/703

Actions (login required)

View Item View Item